menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar tidak mudah terpapar penyakit dari luar
Jakarta (ANTARA) - Wali  Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengingatkan warga tetapmenerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 ataupun penyakit lainnya saat merayakan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Dalam situasi seperti sekarang ini, isu-isu terkait COVID-19 sudah mulai muncul, tentunya kita tetap mengedepankan protokol kesehatan (saat keluar rumah) menghadapi keramaian Natal dan tahun baru," kata Dhany saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Dhany mengatakan protokol kesehatan itu meliputi penggunaan masker saat ke luar rumah atau ke tempat keramaian. Lalu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh agar tidak mudah terpapar penyakit dari luar.
 
"Menggunakan masker minimal, lalu kita semua menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga dan mencukupi asupan gizi agar tubuh memiliki daya tahan," ujar Dhany.
 
Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada penularan COVID-19 karena tren masih naik hingga pertengahan Januari 2024.
 
"Kita lihat polanya di tahun 2023, pada Mei, abis itu turun. Jadi ini mungkin akan masih naik sampai tengah Januari 2024,kemudian nanti turun. Itu kalau kita lihat polanya, yang penting kita harus waspada," kata Kepala Dinkes DKI Jakarta Ani Ruspitawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (22/12).
 
Ani mengingatkan saat libur akhir tahun nanti, bagi masyarakat dalam kondisi kurang sehat sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah. Namun, jika keadaan mengharuskan ke luar rumah, maka masyarakat diimbau menggunakan masker.
 
Ani menyebutkan, hingga 20 Desember 2023 ditemukan 613 kasus aktif COVID-19. Dari jumlah tersebut sebanyak 414 pasien melakukan isolasi mandiri, sedangkan 199 pasien lainnya menjalani perawatan di rumah sakit. Kemudian, terdapat 38 penemuan kasus COVID-19 varian JN.1 di wilayah Jakarta selama 2023.
Baca juga: DKI minta waspada COVID-19 karena tren masih naik hingga Januari 2024
Baca juga: Dinkes DKI: Pasien COVID-19 lebih banyak menjalani isolasi mandiri
Baca juga: Ada 38 kasus COVID-19 varian JN.1 di Jakarta selama 2023

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023