Semarang (ANTARA News) - Penyanyi Belanda berdarah Sunda-Maluku, Daniel Sahuleka napak tilas ke kota kelahirannya, Semarang, Jawa Tengah, Senin, dengan mengunjungi Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang, tempatnya lahir 61 tahun silam.

Kehadiran sang musisi dunia seketika memukau banyak orang, dari para pengunjung rumah sakit yang berniat membezuk, perawat, sampai staf RS.  Mereka berebut berfoto dengan penyanyi berambut keriting panjang itu.

Daniel memulai "napak tilasnya" dengan berkeliling sudut RS di Jalan Kawi Nomor 1 Semarang itu, kemudian memasuki Ruang Yoseph 12 untuk menemui suster M. Edward OSF yang terbaring dirawat di ruang itu.

Suster Edward (80) adalah penerus Suster Yakobi yang mengurusi proses kelahiran Daniel di RS St. Elisabeth pada 6 Desember 1950. Meski tengah terbaring lemas, dia terlihat bahagia menatap Daniel.

Sang musisi beristrikan Alice Sahuleka itu bercakap-cakap sejenak dengan Suster Edward, kemudian mengecup keningnya, seraya menyanyikannya "You Make My World So Colourfull" yang terdengar merdu meski tanpa iringan musik.

Daniel yang mengenakan kaos lengan panjang berwarna biru dipadu celana jeans biru kemudian melanjutkan berkeliling RS dan berakhir di ruang tunggu RS yang kembali membuatnya dikerubuti pengunjung.

"Semarang, rumah sakit ini punya kenangan tersendiri buat saya. Kampung halaman yang punya ikatan emosional besar dengan saya. Ini sangat berarti," katanya, sebelum meninggalkan RS itu.

Daniel Sahuleka dijadwalkan manggung di Semarang pada 26 Juli 2011 dalam konser bertajuk "Colourfull Night", setelah tampil di empat kota, yakni Jakarta, Medan, Makassar, dan terakhir Bandung pada 24 Juli lalu.

Musisi yang dikenal lewat tembang "Don`t Sleep Away The Night" dan "You Make My World So Colorful" itu sekarang menetap di kota Winterwijsk, Belanda, sementara konsernya di Kota Lumpia ini akan digelar di Hotel Horison. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011