Lokomotif langsir ini terbakar di tengah perjalanan usai melangsir gerbong ke Stasiun Tawang.
Semarang (ANTARA News) - Sebuah lokomotif langsir dengan nomor D 30127 yang belum diketahui identitas masinisnya, terbakar di dekat Depo Lokomotif Semarang Poncol, Selasa, sekitar pukul 07.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa yang membakar sebagian besar ruang kemudi dan mesin lokomotif langsir tersebut karena api dapat dipadamkan sejumlah pegawai Depo Lokomotif Semarang Poncol dalam waktu kurang dari setengah jam.

Manajer Sarana Daerah Operasi IV Semarang, Eko Purwanto, yang ditemui di lokasi kebakaran mengatakan, lokomotif langsir yang terbakar ini dikhususkan untuk memindahkan lokomotif atau gerbong penumpang dari jalur satu ke jalur lain.

"Lokomotif langsir ini terbakar di tengah perjalanan usai melangsir gerbong ke Stasiun Tawang," katanya.

Ia mengaku belum dapat memastikan penyebab terbakarnya lokomotif langsir buatan tahun 1967 yang menggunakan sistem pengoperasian diesel hidrolik itu.

"Kemungkinan kebakaran disebabkan hubungan pendek arus listrik cukup kecil karena sistem kelistrikan yang sederhana," ujarnya.

Menurut dia, terbakarnya lokomotif langsir ini tidak mengganggu jalur perjalanan baik yang menuju ke Jakarta atau ke Surabaya.

Saat ini, lokomotif yang terbakar telah ditarik ke Depo Lokomotif Semarang Poncol untuk menjalani pemeriksaan dan perbaikan beberapa bagian yang rusak karena terbakar.

(KR-WSN / E001) 

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011