sudah kirim 38 ribu obat-obatan kepada pasien teridentifikasi positif
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah berencana untuk memperluas layanan "telemedicine" bagi para pasien COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) ke daerah di luar Jakarta.

"Minggu ini kita akan perluas ke Bandung raya, Solo raya, Semarang raya, Yogyakarta, Malang raya dan kemudian Denpasar," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Senin.

Budi Gunadi menyampaikan hal tersebut seusai menghadiri rapat terbatas Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan juga dilakukan secara virtual.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengatakan agar masyarakat yang terpapar COVID-19 tanpa gejala atau bergejala ringan agar memanfaatkan layanan "telemedicine" untuk mendapatkan obat demi mengurangi beban rumah sakit.

"Layanan 'telemedicine' sudah kita lakukan di Jakarta dan bisa melayani 150 ribu yang secara kumulatif positif (COVID-19) dan sudah kirim 38 ribu obat-obatan kepada pasien yang teridentifikasi positif," ungkap Budi Gunadi.

Baca juga: Presiden Jokowi ajak penggunaan "telemedicine" saat terpapar COVID-19

Baca juga: Reisa: Jangan asal beri perawatan anggota keluarga positif COVID-19


Layanan "telemedicine" dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/.

Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 "platform telemedicine" yaitu Aido Health, Alodokter, GetWell , Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter , ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia dan YesDok

Untuk mendapatkan layanan tersebut, pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem "New All Record" (NAR) Kementerian Kesehatan.

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan tes COVID-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke Kemenkes maka pasien akan menerima pesan "Whatsapp" dari Kemenkes secara otomatis. Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara Daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan "telemedicine" dengan menekan tautan di pesan WA dari Kemenkes atau tautan yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat. Hanya pasien dengan kategori Layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan), yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

Obat gratis yang didapatkan pasien berupa Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, serta Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan)

Berdasarkan data Satgas COVID-19 per 6 Februari 2022, kasus terkonfirmasi positif Indonesia bertambah 36.057 kasus sehingga total kasus mencapai 4.516.480 kasus. Sedangkan kasus aktif COVID-19 di Indonesia mencapai 188.899 kasus.

Kasus sembuh juga bertambah 10.569 sehingga totalnya mencapai 4.183.027 kasus sementara pasien meninggal bertambah 57 orang menjadi total 144.554 sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia pada Maret 2020.

Sedangkan untuk vaksinasi yang dilakukan, pemerintah telah menyuntikkan vaksin dosis pertama COVID-19 di Indonesia sejumlah 186.589.750 dosis, dosis kedua yang sudah disuntikkan adalah sebanyak 131.080.731 dosis dan vaksinasi ke-3 mencapai 5.536.572 dosis.

Baca juga: Penguatan 3T sampai telemedicine jadi langkah hadapi Omicron

Baca juga: Telemedicine bantu perluas akses layanan kesehatan untuk masyarakat

 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022