Jakarta (ANTARA News) - Tablet Research In Motion (RIM) Playbook mendapatkan lampu hijau untuk digunakan di badan-badan pemerintah federal Amerika Serikat, demikian dikatakan pembuat BlackBerry pada Kamis pekan lalu.

RIM menegaskan Playbook adalah komputer tablet pertama yang menerima sertifikasi FIPS 140-2.

"Sertifikasi ini... memungkinkan pemerintah federal AS untuk membeli dengan pedoman yang jelas bahwa Playbook telah memenuhi persyaratan kebijakan komputasi AS untuk melindungi informasi sensitif," kata Scott Totzke, Wakil Presiden Senior BlackBerry Security di RIM.

Reputasi gemilang RIM yaitu pengiriman data perusahaan dan pemerintah sehingga membuat BlackBerry menjadi ponsel pintar yang cocok untuk pegawai bank, pengacara dan politisi. Namun dominasi RIM melemah karena perusahaan mengijinkan karyawannya untuk mengakses sistem kerja dari perangkat lain.

Saham RIM melonjak hampir 5 persen atau  27,95 dolar pada Kamis.

Saham RIM telah berkurang lebih dari setengah nilainya sejak awal tahun ini, hal itu disebabkan pendapatan RIM yang mengecewakan, peluncuran PlayBook yang loyo dan kekhawatiran dengan ketidakmampuan bersaing dengan iPhone Apple dan iPad dan perangkat yang menggunakan peranti lunak Android Google.

Badan Pengolahan Informasi Standar Federal 140-2 (FIPS 140-2) digunakan untuk menilai keamanan perangkat mobile, server, router dan firewall, untuk digunakan oleh badan-badan federal seperti Biro Investigasi Federal (FBI).

Apple telah mendapatkan sertifikasi baik untuk iPhone dan iPad.

Pada minggu lalu, RIM menerima sertifikasi yang sama untuk pembaca kartu cerdas yang mengunci ponsel pintar BlackBerry pada saat keduanya tidak dalam jarak dekat, demikian dikutip dari Reuters.

(Adm/S026)

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011