Jayapura (ANTARA) -
Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Papua mengusulkan empat tokoh dari Bumi Cenderawasih menerima penghargaan olah raga pada kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022.
 
Ketua SIWO PWI Papua Jean Bisay dalam siaran pers di Jayapura, Senin, mengatakan keempat tokoh tersebut yakni Gubernur Papua, Ketua DPR Papua, Sekretaris Umum KONI Papua dan Bupati Mimika.
 
"Tahun ini SIWO Award diberi nama Inisiator Olahraga Indonesia, kami dari Papua selalu mengusulkan tokoh-tokoh olahraga yang dipandang pantas dan layak serta berkontribusi dalam memajukan olahraga di Bumi Cenderawasih," katanya.

Baca juga: Mensesneg pastikan presiden hadiri acara puncak HPN 2022 di Kendari
 
Menurut Jean, dalam empat tahun terakhir, Papua tidak pernah luput menyertakan nominator pada ajang penghargaan olah raga yang digagas SIWO PWI tersebut.
 
"Keempat tokoh olahraga ini berdasarkan usulan teman-teman jurnalis olahraga kepada SIWO PWI Papua," ujarnya.
 
Dia menjelaskan selanjutnya usulan ini dinilai oleh tim dewan juri independen dari SIWO PWI Pusat, di mana ada indikator yang dipenuhi sehingga pihaknya tidak asal dalam mengusulkan nama-nama.
 
Sebelumnya, SIWO PWI Pusat melalui usulan SIWO PWI Daerah akan memberikan penghargaan kepada para inisiator olahraga pada kegiatan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022. Di mana acara tersebut akan dilangsungkan saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Blitz Hotel Kendari, Sulawesi Tenggara.
 
Penghargaan Inisiator Olahraga Indonesia diberikan kepada gubernur, bupati atau wali kota, pengurus KONIDA dan anggota legislatif yang mempunyai andil membangun, membina dan memajukan prestasi olahraga di daerah.

Baca juga: PWI Pusat rayakan HPN 2022 di Puncak Gunung Latimojong Sulawesi
 
Ketua Panpel Gungde Ariwangsa yang juga Ketua SIWO PWI Pusat dalam rilis pers mengatakan SIWO PWI Pusat telah membentuk dewan juri dan akan memilih para penerima penghargaan berdasarkan masukan dari SIWO-SIWO daerah yang mengusulkan.
 
"SIWO PWI Pusat tidak mengumbar dalam memberikan penghargaan, ini tercermin dengan dibentuknya dewan juri independen untuk melakukan penjurian terhadap figur yang dinilai pantas terpilih setelah mendapatkan masukan terkait rekam jejak dari yang diusulkan oleh 35 SIWO daerah se-Indonesia," katanya.
 
Dia menambahkan SIWO hanya akan memilih tujuh gubernur, lima bupati atau wali kota, lima pengurus KONI Daerah dan empat anggota legislatif untuk menerima Penghargaan Inisiator Olahraga SIWO PWI Pusat 2022 di mana penjurian sangat ketat karena dari usulan daerah begitu banyak dan hanya memberikan kepada yang benar-benar telah berbuat untuk membangun, membina serta memajukan prestasi olahraga di daerah masing-masing.
 
Ada pun beberapa nama nominasi telah masuk ke Dewan Juri, di antaranya Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sukses mengantar Kontingen Jawa Barat mempertahankan juara umum di PON XX Papua.

Baca juga: PWI bakal sosialisasikan DBON saat peringatan Hari Pers Nasional

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022