Sebagian besar kekhawatiran investor terfokus pada lima kenaikan Fed yang diperkirakan pasar untuk 2022, dan jika itu tidak cukup untuk menahan inflasi
Singapura (ANTARA) - Saham-saham Asia mengkonsolidasikan kenaikan baru-baru ini pada Selasa, karena sentimen investor membaik di tengah hasil yang kuat oleh perusahaan-perusahaan AS, membantu saham pulih dari awal terburuk tahun ini sejak 2016, sementara kebangkitan euro terhenti menjelang data inflasi AS.

Pasar masih mewaspadai kenaikan suku bunga, baik di zona euro maupun Amerika Serikat setelah Bank Sentral Eropa (ECB) pekan lalu dianggap telah mengadopsi nada yang lebih hawkish.

Imbal hasil zona euro naik tajam pada Senin (7/4/2022) dengan harga obligasi Italia di bawah kinerja rekan-rekan mereka. Amerika Serikat telah melaporkan data pekerjaan dan pendapatan yang lebih kuat dari perkiraan.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik tipis 0,05 persen menjadi 614,6 setelah naik ke 617,7, tertinggi sejak 25 Januari. Indeks acuan sekarang naik sekitar 3,0 persen dari level terendah lebih dari satu tahun di 595,99 yang dicapai pada 27 Januari.

"Sebagian besar kekhawatiran investor terfokus pada lima kenaikan Fed yang diperkirakan pasar untuk 2022, dan jika itu tidak cukup untuk menahan inflasi," kata Kepala Strategi Principal Global Investors, Seema Shah, dalam sebuah catatan.

“Namun, urgensi pengetatan The Fed akan segera mereda karena tekanan harga ekonomi paling akut mulai memudar. Lebih jauh lagi, sementara pertumbuhan AS kemungkinan telah mencapai puncaknya, resesi tidak akan terjadi,” katanya.

Nikkei Jepang naik 0,4 persen, saham Korea naik 0,7 persen dan Taiwan naik 0,6 persen. Saham Hong Kong termasuk di antara pecundang, dengan Indeks Hang Seng jatuh 0,7 persen.

Baca juga: Saham China dibuka turun, setelah naik kuat sehari sebelumnya

Indeks berjangka S&P 500 stabil dan indeks berjangka Nasdaq naik tipis 0,06 persen. Indeks MSCI Dunia jatuh 6,2 persen pada Januari - awal terburuk tahun ini sejak 2016.

Angka harga konsumen AS untuk Januari akan dirilis pada Kamis (10/2/2022) dan dapat menunjukkan inflasi inti meningkat ke laju tercepat sejak 1982 di 5,9 persen.

Indeks-indeks saham utama Wall Street bervariasi sepanjang sesi pada Senin (7/2/2022) sebelum berakhir turun karena pasar mencerna hasil kuartalan yang beragam dari megacaps Amazon.com Inc dan pemilik Facebook Meta Platforms.

“Keuntungan perusahaan adalah yang terkuat dalam beberapa dekade, konsumen didukung oleh penghematan berlebih, dan normalisasi rantai pasokan bertahap akan memberikan dorongan pada inventaris dan produksi,” kata Shah.

Laporan penggajian Januari AS pada Jumat (4/2/2022) menunjukkan pertumbuhan tahunan rata-rata pendapatan per jam naik menjadi 5,7 persen dari 4,9 persen, sementara gaji untuk bulan-bulan sebelumnya direvisi naik 709.000 secara radikal mengubah tren perekrutan.

Di pasar valuta asing, euro turun tipis 0,1 persen, setelah melonjak 2,7 persen minggu lalu dalam kinerja terbaiknya sejak awal 2020 karena ekspektasi pengetatan.

Baca juga: Dolar dan euro melemah, pasar tenang dari polemik suku bunga naik

Euro telah mempertahankan kenaikan tetapi tidak mampu mengalahkan resistensi di sekitar 1,1483 dolar bahkan ketika imbal hasil obligasi Eropa telah melonjak dan terakhir dibeli 1,1441 dolar AS.

Dolar merayap 0,1 persen lebih tinggi terhadap yen menjadi 115,27 dan indeks dolar AS bertahan di 95,457. Imbal hasil obligasi pemerintah melayang mendekati level tertinggi pandemi, dengan imbal hasil acuan 10-tahun naik 1,6 basis poin menjadi 1,9358 persen.

Harga minyak turun pada Selasa menjelang pembicaraan antara Amerika Serikat dan pejabat Iran, yang dapat mengarah pada penghapusan sanksi AS terhadap penjualan minyak Iran.

Harga minyak mentah Brent terakhir turun 0,4 persen menjadi diperdagangkan di 92,29 dolar AS per barel setelah mencapai level tertinggi tujuh tahun di 94 dolar AS pada Senin (7/2/2022). Harga emas spot stabil di level tertinggi 1 minggu di 1.822 dolar AS per ounce.

Baca juga: Harga minyak turun, pasar pantau pembicaraan nuklir AS-Iran
Baca juga: Harga minyak berlanjut turun di Asia jelang pembicaraan nuklir AS-Iran

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022