Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara, menyatakan perayaan festival Bau Nyale (menangkap cacing laut) pada tanggal 20-21 Februari 2022 akan dipusatkan di Pantai Tanjung An Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Hasil koordinasi antara pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten, lokasi Bau Nyale Tahun ini dipusatkan di Pantai Tanjung An," kata Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah di Praya, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan perayaan Bau Nyale ini tidak hanya akan dilaksanakan di Pantai Tanjung An, namun juga di beberapa titik penyebaran lokasi yakni di Pantai Dondon Desa Mertak, Pantai Mawun Desa Tumpak, Pantai Selong Belanak dan Pantai Toron Aik Belek.

"Itu lokasi penyebaran kegiatan yang menjadi kesatuan dalam perayaan Bau Nyale Tahun ini," katanya.

Baca juga: Festival Bau Nyale di NTB pastikan penerapan prokes COVID-19

Baca juga: Dispar NTB: Pesona Bau Nyale 2022 didukung pemerintah pusat


Beberapa agenda perayaan Bau Nyale seperti pemilihan Putri Mandalika telah mulai dilaksanakan dan beberapa kegiatan lainnya masih dalam persiapan termasuk kegiatan puncak perayaan Bau Nyale.

"Agenda Bau Nyale ini telah ada yang dilaksanakan dan masih ada dalam tahap persiapan termasuk acara peresean dan kegiatan lainnya," katanya.

Perayaan Bau Nyale ini masih di masa pandemi, sehingga perayaannya tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Aktivitas warga saat Bau Nyale tersebut akan ramai, sehingga risiko penyebaran COVID-19 cukup tinggi.

"Kita imbau masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa menyatakan, setelah dilakukan sangkep warige oleh tokoh budayawan dari delapan penjuru mata angin, puncak tradisi Bau Nyale diputuskan tanggal 20-21 Februari 2022.

Untuk diketahui, saat tradisi Bau Nyale itu tiba, ribuan warga dari berbagai daerah turun langsung ke laut untuk memburu cacing laut yang dipercaya merupakan jelmaan Putri Mandalika karena memiliki jiwa yang bersih dan telah berkorban untuk kesejahteraan masyarakat.

Tradisi Bau Nyale diselenggarakan sekitar bulan Februari untuk nyale awal dan Maret untuk nyale akhir di Pantai Seger KEK atau disepanjang pantai selatan Lombok Tengah.*

Baca juga: Acara puncak Bau Nyale akan dilaksanakan 20-21 Februari 2022 di Lombok

Baca juga: Dispar: Puncak tradisi Bau Nyale 2022 diputuskan pekan ini

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022