Semarang (ANTARA News) - Juara dunia kelas bulu WBA, Chris John yang tengah mempersiapkan diri menghadapi tarung pilihan melawan Rocky Juarez di Toyota Center Houston, Texas, Amerika Serikat, 28 Febuari 2008, mengalami kelebihan berat badan sekitar lima hingga enam kilogram.

"Berat badan saya masih stabil antara 62-63 kilogram dan itu memang belum boleh turun karena masih digunakan untuk berlatih. Tetapi nanti kalau menjelang pertarungan, tentunya saya harus menurunkan berat badan agar mencapai berat ideal," kata Chris John ketika dihubungi dari Semarang, Selasa.

Berat badan ideal untuk kelas bulu adalah 57,1 kilogram sedangkan berat Chris John sekarang ini masih 62-63 kilogram sehingga masih kelebihan lima hingga enam kilogram, tetapi pertarungan sendiri masih sekitar satu bulan lagi.

Chris John yang kini berlatih di Sasana Herry`s Gym Perth, Australia, memfokuskan pada latihan teknik dengan dua teman latih tanding, yaitu William Kikket dan Adam Wills. "Untuk porsi latihan fisik dan teknik seimbang, yaitu 50 persen fisik dan 50 persen teknik," kata petinju kelahiran Kabupaten Banjarnegara, Jateng.

Petinju yang sudah 10 kali mempertahankan gelarnya sejak merebut dari tangan petinju Kolombia, Oscar Leon tahun 2003 ini menjelaskan, latihan teknik dilakukan dengan teman latih tanding sedangkan fisik tentunya dengan berlari atau yang lainnya.

Persiapan untuk menghadapi Juarez akan dilanjutkan kembali setelah yang bersangkutan berada di Amerika Serikat awal Febfuari 2009. "Persiapan saya sudah mencapai 50 persen baik fisik maupun teknik dan kini sudah terus berlatih dengan teman latih tanding," katanya.

"Saya akan kembali melakukan persiapan melawan Rocky Juarez saat berada di Texas sekaligus untuk menyesuaikan kondisi cuaca di negara tersebut, mengingat cuaca di Negeri Paman Sam ini lebih dingin dibandingkan dengan di Australia," kata suami mantan atlet wushu Jateng, Anna Maria Megawati ini.

Ketika ditanya apakah dua teman latih tanding (Williem Kikket dan Adam Wills) memiliki gaya seperti Juarez, petinju dengan julukan "The Dragon" tersebut, mengatakan, tidak sama tetapi pelatih sekaligus manajernya, Craig Christian mencoba agar mereka berusaha dimirip-miripkan.

Ia menjelaskan, saat akan menjadi teman mitra tanding dirinya, mereka harus melihat rekaman pertarungan Juarez dan mempelajari gaya bertarungnya sehingga saat berhadapan dengannya sudah memakai gaya seperti Juarez.

Ia menambahkan, dari dua teman latih tanding ini, William Kikket akan dibawa ke Amerika Serikat untuk menjadi teman latih tanding selama dirinya berlatih di sana sebelum pertarungan lawan Juarez. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009