terima kasih kepada para wartawan atas kepeduliannya pada Hari Pers Nasional Tahun 2022 menyelenggarakan vaksinasi bersama BIN
Temanggung (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Temanggung dan Dinas Kesehatan setempat menggelar vaksinasi COVID-19 secara massal dengan target 2.000 orang di Puskesmas Jumo.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para wartawan atas kepeduliannya pada Hari Pers Nasional Tahun 2022 menyelenggarakan vaksinasi bersama BIN dan Dinas Kesehatan," kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq di Temanggung, Selasa.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pers dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Temanggung.

Baca juga: BIN Jateng gelar vaksinasi COVID-19 di 13 kabupaten

"Semoga HPN 2022 ini lebih bermanfaat untuk seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung, di mana diharapkan pandemi segera berakhir dan semoga teman-teman pers semakin sukses," katanya usai meninjau vaksinasi di Puskesmas Jumo.

Ia menyampaikan di tengah Pandemi COVID-19, pers menjadi garda terdepan dan perannya tidak kalah dengan tenaga medis dan tenaga di lapangan karena pers ini yang pertama menyampaikan informasi dan menyadarkan masyarakat betapa bahayanya COVID-19 dan tentang cara-cara menghindari COVID-19.

"Pers benar-benar bisa menjadi corong yang menyadarkan masyarakat dengan berita objektif, jernih, beritanya tidak ada hoaks. Justru teman-teman pers ini yang bisa menetralisir hoaks di masyarakat," katanya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Kabupaten Temanggung capai 76,5 persen

Menurut dia, pers menjadi rujukan berita objektif dan berita-berita pers sangat produktif dalam penyadaran masyarakat. Apalagi kini dengan terlibat dalam vaksinasi maka lengkaplah peran pers.

"Selain menyebarkan informasi juga punya kepedulian langsung nyata di tengah masyarakat," katanya.

Kepala Binda Jawa Tengah Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan BIN terus melakukan vaksinasi massal, baik untuk anak usia 6-11 tahun maupun masyarakat umum. Kali ini menggelar vaksinasi di 13 kabupaten/ kota di Provinsi Jateng dengan target peserta sebanyak 28.000 dosis.

Baca juga: Pemkab Temanggung ajukan tambahan vaksin 220 ribu dosis

"Adapun lokasi vaksinasi meliputi Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Demak, Grobogan, Kudus, Banjarnegara, Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, Temanggung, Magelang, Pekalongan, Brebes," katanya.

Sondi mengimbau masyarakat tidak perlu panik, namun tetap waspada menjalankan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat, terutama pada daerah-daerah yang sedang mengalami lonjakan kasus COVID-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan untuk capaian vaksinasi dosis I di Kabupaten Temanggung 89,5 persen dari 694.202 warga yang menjadi sasaran dan dosis II mencapai 80 persen.

"Capaian ini luar biasa, karena target kami sebetulnya hanya 75 persen di bulan Februari ini. Ada peningkatan yang luar biasa berkat kerja sama dengan teman-teman wartawan, BIN, TNI, Polri maupun teman-teman puskesmas di seluruh Kabupaten Temanggung.

Baca juga: Bupati Temanggung berharap santri menjadi pelopor gerakan vaksinasi

Ketua Panitia HPN 2022 Kabupaten Temanggung Arif Zaini Arosyid mengatakan menjadi tugas dari insan pers untuk peduli dengan masyarakat dan membantu pemerintah dalam menjalankan program kerja.

"Masyarakat membutuhkan percepatan vaksinasi COVID-19 untuk terbentuknya 'herd immunity' sehingga PWI bekerja sama dengan BIN dan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung untuk percepatan vaksinasi," katanya.

Ia menyampaikan PWI Kabupaten Temanggung turut serta dalam penanganan COVID-19, di antaranya melalui pemberitaan penyadaran akan bahaya COVID-19, pentingnya vaksinasi, penerapan protokol kesehatan, dan langkah nyata dengan vaksinasi.

Zaini menyebutkan dalam rangkaian HPN 2022 di Kabupaten Temanggung juga digelar bakti sosial di panti asuhan dan olahraga bersama wartawan dengan Forkompim Kabupaten Temanggung.

Dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Jumo ini, masyarakat dihibur dengan pentas kesenian jaran kepang anak. 

Baca juga: Pengajuan vaksin COVID-19 Pemkab Temanggung disetujui 118.000 dosis

 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022