Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dari seluruh Indonesia bisa berperan dalam menentukan sukses tidaknya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Hal tersebut disampaikan Menpora Zainudin Amali saat mensosialisasikan DBON pada rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa.

“Kami berharap pada PWI dan SIWO untuk memberi dukungan. Sebab, sebagus apapun DBON, sebagus apapun peraturan-peraturan dalam Perpres, namun tanpa diketahui oleh masyarakat, maka tidak akan bisa terimplementasi di lapangan,” kata Menpora Amali dalam keterangan resminya.

Menurutnya, peran media yang di dalamnya ada SIWO PWI sangat menentukan sukses tidaknya DBON. “Kami sangat berharap dukungan dari anggota PWI, khususnya anggota SIWO. Untuk itu kita akan mengadakan Mou dan perjanjian kerja sama,” lanjut Menpora.

Bukan tanpa alasan Menpora meminta SIWO ikut mengawal perjalanan DBON. Orang nomor satu di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak ingin DBON mengalami nasib yang sama dengan program-program sebelumnya.

"Kita harus jaga agar DBON jangan sampai seperti program-program lalu, di mana desainnya bagus dan aturan hukumnya kuat, tapi saat implementasi lemah dan akhirnya hilang. Saya tidak ingin DBON seperti itu,” katanya pria asal Gorontalo itu.

Baca juga: Tujuh gubernur terima penghargaan inisiator olahraga
Baca juga: KONI Pusat siapkan program kerja 2022 yang selaras dengan tujuan DBON


Menpora juga menyampaikan apresiasi kepada PWI dan SIWO yang telah memberikan penghargaan kepada sejumlah Kepala Daerah atas perhatiannya pada dunia olahraga nasional.

“Ini adalah tanda perhatian dari teman-teman jurnalis yang tergabung dalam PWI dan SIWO khususnya terhadap perkembangan olahraga nasional,” kata politisi Partai Golkar itu.

Dalam kesempatan ini, SIWO memberikan penghargaan Inisiator Olahraga SIWO kepada sejumlah kepala daerah seperti Gubernur Papua Lukas Enembe, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Riau Syamsuar, Gubernur Kalimantan Utara Zainal A. Paliwang, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Selain itu, turut juga mendapat penghargaan Inisiator Olahraga SIWO 2022 untuk dua Walikota dan empat Bupati yakni Walikota Medan Bobby Nasution, Walikota Gorontalo Marten Taha, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Baca juga: Menpora-PWI lakukan MoU DBON di HPN 2022 di Kendari
Baca juga: Indonesia masih dalam pengawasan WADA meski terbebas dari sanksi

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022