Jakarta (ANTARA) - Regulator keuangan China telah merilis rencana untuk meningkatkan standardisasi sektor keuangan selama periode Rencana Lima Tahun ke-14 (2021-2025).

Otoritas negara tersebut berencana meningkatkan standardisasi di berbagai bidang, termasuk pengawasan, pencegahan risiko, teknologi keuangan, keuangan hijau, dan mata uang digital, dengan tujuan pada dasarnya untuk membangun sistem standar keuangan yang sesuai dengan keuangan modern pada 2025.

Dokumen itu dipublikasikan bersama oleh People's Bank of China, Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar, Komisi Regulator Perbankan dan Asuransi China, dan Komisi Regulator Sekuritas China.

China akan meningkatkan pemantauan dan peringatan dini terkait risiko keuangan, khususnya pada keuangan internet. Berbagai upaya akan dilakukan untuk memandu penggunaan teknologi, termasuk komputasi awan, mahadata, dan kecerdasan buatan. 

Selain itu, masih berdasarkan dokumen tersebut, pemanfaatan data keuangan disebutkan akan berada di bawah manajemen yang lebih baik untuk menjamin perlindungan keamanan publik, rahasia bisnis, dan privasi pribadi.

Pemerintah China memublikasikan 137 standar nasional dan industri di sektor keuangan antara 2016 dan 2020. Standardisasi ini memainkan peran yang semakin penting dalam melayani ekonomi riil, menangkal risiko, dan memperdalam reformasi.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022