Singapura (ANTARA News/AFP) - Harga minyak mentah bervariasi (mixed) di perdagangan Asia pada Jumat, dengan kebuntuan utang AS terus mengacaukan pasar karena pemungutan suara di DPR atas rencana utang dari Partai Republik ditunda.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman September, jatuh 34 sen menjadi 97,10 dolar AS per barel pada sore hari.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman September naik 14 sen menjadi 117,50 dolar AS.

Politisi Amerika sedang berjuang mencapai kesepakatan untuk meningkatkan batas pinjaman negara di atas nilai saat ini 14,3 triliun dolar AS dan mencegah "default" (gagal bayar) utang

pada 2 Agustus, ketika Departemen Keuangan mengatakan akan kehabisan uang untuk membayar tagihannya.

Kesulitan itu diperparah ketika muncul bahwa sebuah pemungutan suara atas rencana Partai Republik harus ditunda pada akhir Kamis karena pemimpin partai tidak dapat menggalang cukup dukungan dari anggota mereka sendiri.

Dengan lima hari menjelang batas waktu default Ketua IMF Christine Lagarde bergabung dengan paduan suara mendesak untuk sebuah kesepakatan, mengatakan status dolar sebagai mata uang cadangan utama global dapat diragukan jika perjanjian tidak dibuat.
(A026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011