Untuk penanganan, kami berkoordinasi dengan aparat kecamatan, desa dan TNI/Polri serta warga sekitar
Cianjur (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat dalam sebulan terakhir melakukan penanganan 16 bencana alam yang terjadi di sejumlah kecamatan, termasuk penanganan longsor di jalan utama daerah itu.

Kordinator Kedaruratan BPBD Cianjur, Wendi Mulyadi di Cianjur, Rabu, mengatakan selama bulan Januari hingga awal Februari 2022, pihaknya mendata belasan bencana alam yang terjadi.  Bencana alam didominasi longsor, banjir dan angin puting beliung dan sebagian besar melanda wilayah bagian selatan Cianjur.

"Untuk penanganan, kami berkoordinasi dengan aparat kecamatan, desa dan TNI/Polri serta warga sekitar, sehingga proses evakuasi hingga menyingkirkan material longsor, tidak sampai memakan waktu lama," katanya.

Baca juga: BPBD: Puluhan hektare sawah di dua kecamatan Cianjur terendam banjir

Ia menjelaskan, dari belasan kejadian, hanya 86 kepala keluarga yang mengungsi sementara, terutama warga di tiga kecamatan yang rumahnya terendam banjir seperti Kadupandak, Cidaun dan Sindangbarang, tidak ada korban jiwa dalam belasan bencana alam yang terjadi.

Sedangkan terkait penanganan bencana alam longsor di Kecamatan Pagelaran yang terjadi beberapa kali dalam satu pekan, tutur dia, saat ini masih diupayakan untuk segera dibangun tembok penahan tanah dari dinas terkait di Pemprov Jabar, agar saat longsor terjadi tidak menutup jalan.

Baca juga: Diminta siaga banjir, warga Cianjur segera mengungsi jika debit naik

"Untuk jalur selatan tepatnya di Kecamatan Pagelaran-Sukanagara yang rawan terjadi longsor susulan, saat ini, akan dipasang tembok penahan tanah. Kami masih menyiagakan relawan untuk memantau dan segera mengambil tindakan saat melihat tanda alam akan terjadinya bencana," katanya.

Pihaknya tetap mengimbau warga di seluruh wilayah di Cianjur, untuk tetap siaga dan waspada bencana karena curah hujan masih tinggi dengan intensitas tinggi, sehingga rawan terjadi bencana alam seperti longsor, banjir dan angin puting beliung.

Baca juga: Pemprov Jabar bantu pemulangan jenazah mahasiswi di Mesir ke Cianjur

Baca juga: Satu keluarga di Cianjur tertimbun bangunan rumah ambruk

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022