Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron mengingatkan insan jurnalis di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, untuk menjaga integritas media sebagai wujud refleksi demokrasi yang sehat.

Imbauan tersebut disampaikan Ghufron saat menghadiri acara diskusi bersama para jurnalis Media Center Kabupaten Bekasi dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Hotel Ayola Lippo Cikarang, Rabu.

Ghufron menjelaskan saat kasus korupsi di sebuah negara masih banyak, maka bisa dikatakan demokrasi di negara tersebut tidak sehat, namun jika medianya berintegritas maka akan tercipta kehidupan demokrasi yang sehat.

Baca juga: Presiden: Kritik dan masukan dari insan pers sangat penting

Ia mengingatkan agar insan pers bisa terus menjaga integritas untuk menjadi pengawas atas segala bentuk kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah.

"KPK peduli terhadap kesehatan dan integritas teman-teman pers. Oleh sebab itu kami berharap teman-teman pers bisa merevitalisasi diri untuk meningkatkan perannya," katanya.

Dosen Fisipol Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi Hamluddin yang juga narasumber diskusi mengatakan bahwa pers merupakan salah satu pilar demokrasi di Indonesia untuk menjaga tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam pemantauan praktik tindak pidana korupsi.

Baca juga: Anggota DPR: Pers berperan sentral dalam demokrasi
Baca juga: Menkopolhukam: Pers harus terus berperan bangun Indonesia


"Kita harus ingat bahwa pers jadi salah satu pilar demokrasi untuk memantau kinerja eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Kontrol ini yang harus selalu ditekankan saat teman-teman menulis sebuah berita," kata Hamluddin.

Acara diskusi bersama para jurnalis Media Center Kabupaten Bekasi dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2022 diikuti beberapa perwakilan media dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022