Jakarta (ANTARA News) - Mau tahu berapa besar pengaruh Tweet anda? Atau apakah anda cukup dipercaya oleh para pengikut (follower) ? Coba alat ukur yang satu ini, TweetLevel.

Tweet Level, produk keluaran perusahaan jasa kehumanan terkemuka dunia Edelman, resmi diluncurkan Kamis (28/7). Perusahaan ini juga meluncurkan BlogLevel. Kedua perangkat ini gratis yang memungkinkan pengguna mengidentifikasi siapa orang berpengaruh untuk suatu topik tertentu.

TweetLevel digunakan untuk mencari mereka yang berpengaruh di Twitter, sedangkan BlogLevel mencari mereka yang berpengaruh di dunia Blog.

Direktur IndoPacific Edelman Digital, Nanda Ivens ketika mengumumkan peluncuran kedua perangkat tersebut untuk pasar Indonesia mengatakan, perangkat tersebut memberikan kemudahan bagi perusahaan dan pemilik merek untuk melacak serta menilai blogger dan tweet sesuai tingkat pengaruh mereka dalam bahasa apapun atau dari negara manapun.

Mereka yang mempunyai perangkat tertinggi adalah pengguna yang memiliki gagasan orisinal yang kemudian disebarluaskan pihak lain, dan para pengguna yang paling memiliki kemampuan persuasif kepada para fan atau follower-nya.

Sebelumnya, menurut Nanda, kedua perangkat tersebut untuk keperluan Edelman, namun kemudian dibuat terbuka untuk umum.

Yang menarik dari perangkat ini adalah pengguna bisa memberikan masukan terhadap ukuran-ukuran yang digunakan kedua perangkat tersebut. Dengan perangkat ini, pengguna bisa mengetahui popularitas seseorang atau merek tertentu.

Bukan itu saja, perangkat ini juga bisa melacak tingkat kepercayaan dari pesan-pesan yang disampaikan dan juga keterlibatan pemilik akun twitter atau blogger dengan para pengikut atau fans mereka.

Perangkat ini diklaim berbeda dengan alat lain yang sama-sama dirancang untuk melacak pengaruh. Kebanyakan perangkat lain secara eksklusif berfokus pada profil-profil Twitter dan Facebook, namun mengabaikan kegiatan online lainnya seperti blogging.

Dengan perangkat terbaru ini, pengguna bisa mempertimbangkan pengaruh secara lebih menyeluruh.
(B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011