Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (9/2), mulai dari pernyataan petinggi Partai Gerindra bahwa ketua umumnya Prabowo Subianto dipastikan maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 sampai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA:

1. Muzani pastikan Prabowo maju sebagai capres di Pilpres 2024

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani memastikan bahwa Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto akan maju sebagai calon presiden (capres) dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Menurut dia, seluruh kader Partai Gerindra akan "all out" dalam memenangkan Prabowo di Pilpres 2024.

Selengkapnya baca di sini.

2. Presiden: Kritik dan masukan dari insan pers sangat penting

Presiden RI Joko Widodo menekankan kritik dan masukan dari insan pers sangat penting guna mendorong pemerintah pusat hingga daerah bekerja dalam satu frekuensi yang sama.

Hal itu disampaikan Presiden dalam sambutannya saat menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Pers Nasional, melalui konferensi video, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Dewan Pers: Dibutuhkan "publisher rights" atasi feodalisme digital

Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh mengatakan pers Indonesia membutuhkan regulasi hak cipta jurnalistik (publisher rights) untuk mengatasi fenomena feodalisme digital, yaitu penguasaan dunia digital oleh platform-platform global.

"Kita tidak ingin terjadi digital feudalism (feodalisme digital). Agar tidak terjadi digital feudalism, dibutuhkan publisher rights," ujar Mohammad Nuh saat membacakan deklarasi nasional tentang kemerdekaan pers dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara, dipantau secara virtual di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Presiden dukung regulasi "publisher rights" segera diterbitkan

Presiden Joko Widodo mendukung regulasi hak cipta jurnalistik atau "publisher rights" segera diterbitkan untuk mendukung penataan ekosistem industri pers Nasional.

Dorongan disahkan nya regulasi hak cipta jurnalistik menjadi salah satu usulan yang dikemukakan dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Selengkapnya baca di sini.

5. Pengamat: Masyarakat harapkan nama baru jadi anggota KPU 2022-2027

Pengamat politik Hermawan Sulistyo menyampaikan masyarakat berharap anggota KPU periode 2022-2027 sebaiknya bukan dari kalangan petahana melainkan nama-nama baru yang terpilih.

"Untuk regenerasi dan sirkulasi elite sebaiknya ya jangan petahana lah. Masih banyak yang lain yang jago-jago," kata pengamat politik Hermawan Sulistyo, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2022