Jakarta (ANTARA) - Utah Jazz dilaporkan melepas salah satu favorit penggemar mereka, Joe Ingles, demi mendapatkan dua pemain lewat skema barter tripartit dengan Portland Trail Blazers dan San Antonio Spurs.

Kolumnis ESPN Adrian Wojnarowski pada Kamis WIB melaporkan bahwa Jazz akan mendapatkan Nickeil Alexander-Walker dari Trail Blazers dan Juancho Hernangomez dari Spurs dalam kesepakatan yang membuat lima pemain berganti tim itu.

Sementara itu, Ingles akan menyeberang ke Trail Blazers bersama Elijah Hughes dari Jazz disertai satu hak pilih putaran kedua NBA Draft kepunyaan Jazz.

Sedangkan Spurs memperoleh Tomas Satoransky dari Trail Blazers satu hak pilih putaran kedua NBA Draft mendatang milik Jazz.

Baca juga: Cedera ACL paksa Joe Ingles sudahi musim lebih awal

Kesepakatan ini akan membuat para penggemar Jazz mengucapkan perpisahan dengan Ingles, salah satu sosok favorit publik Utah serta pemilik rekor jumlah tripoin terbanyak tim itu.

Ingles menghabiskan delapan tahun kariernya di NBA bersama Jazz sejak merantau dari negaranya Australia ke beberapa klub Eropa, termasuk Barcelona.

Ingles pekan lalu menderita cedera kerobekan ACL di lutut kirinya dan dinyatakan harus menyudahi musim lebih awal. Pun demikian pebasket berusia 34 tahun itu sempat mengutarakan kesiapan untuk kembali melantai musim depan.

Kontrak Ingles akan memasuki status bebas ikatan pada akhir musim nanti dan menurut laporan ESPN ia berencana untuk kembali ke Jazz di masa mendatang tapi tetap terbuka dengan opsi apapun bagi kariernya.

Baca juga: Trail Blazers lepas McCollum, Lillard tegaskan kembali loyalitasnya

Keputusan melepas Ingles tidak lepas dari upaya mereka menambah kedalaman di sektor perimeter dan area dalam lewat kehadiran Alexander-Walker dan Hernangomez, guna membantu persiapan jelang playoff.

Terlebih, Jazz mengalami periode kurang meyakinkan pada Januari lalu dengan catatan menang-kalah 4-12 menyusul cedera yang membekap dua bintang utamanya, Donovan Mitchell dan Rudy Gobert.

Alexander-Walker baru saja tiba di Trail Blazers bersama Satoransky dan Josh Hart dari New Orleans Pelicans sebagai bagian kesepakatan barter yang membuat CJ McCollum menyeberang ke arah berlawanan.

Alexander-Walker kurang konsisten di tiga musim pertamanya, tapi belakangan mulai menanjak lewat torehan rata-rata 12,8 poin musim ini bersama Pelicans.

Sedangkan Hernangomez hanya tampil lima gim di musim ketujuhnya bersama Spurs, tapi pengalaman memperlihatkan ia punya kemampuan untuk mengamankan bola-bola rebound.

Baca juga: Pacers dapatkan Tyrese Haliburton dari Kings ditukar Domantas Sabonis

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022