Pekanbaru (ANTARA) - PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK (II) Pekanbaru bersama para pemangku kepentingan terkait meningkatkan pengawasan pelaku perjalanan di bandara tersebut untuk menekan penyebaran kasus COVID-19.

Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru M Hendra Irawan di Pekanbaru, Kamis, menjelaskan selain menerapkan persyaratan pelaku perjalanan udara sesuai SE Satgas COVID-19 No 22.Tahun 2021, pihaknya bersama Satgas, yakni Dinas Kesehatan, KKP Kelas II Pekanbaru, Satpol PP dan TNI/Polri melakukan peningkatan pengendalian pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Riau melalui pemeriksaan antigen kepada penumpang yang datang secara acak sejak 5 Februari 2022.

Baca juga: Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru anjlok hingga 50 persen

Baca juga: Penumpang SSK II Pekanbaru meningkat saat Imlek


Irawan mengatakan kegiatan pemeriksaan acak (random check) antigen kepada penumpang yang baru tiba di Bandara SSK II Pekanbaru ini untuk mengantisipasi penularan COVID-19 sekaligus upaya pencegahan penyebaran varian omicron.

"Untuk penumpang dengan hasil tas usap antigen negatif dapat melanjutkan perjalanan, namun jika didapati penumpang dengan hasil positif dari random check antigen yang dilakukan, penumpang tersebut dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR (Polymerasi Chain Reaction) di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad dan Rumah Sakit Madani Pekanbaru," katanya.

Selain pengawasan untuk penumpang datang, dalam rangka memperkuat implementasi Biosafety & Biosecurity Management di Bandara SSK II Pekanbaru, PT Angkasa Pura II sejak 9 Februari 2022 juga telah melakukan penambahan alat pendeteksi suhu tubuh berupa Thermal Scanner, khusus untuk penumpang yang akan berangkat di Greeting Area Terminal Keberangkatan.

Baca juga: Penerbangan di bandara Pekanbaru terganggu kabut pekat

Irawan mengungkapkan selain memiliki kemampuan mendeteksi suhu tubuh 20 orang secara bersamaan dalam waktu yang berdekatan, alat tersebut juga dilengkapi teknologi untuk mendeteksi penumpang yang tidak menggunakan masker, sehingga mempermudah petugas kesehatan maupun keamanan bandara dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam upaya mendukung aktivitas masyarakat dan perekonomian, PT Angkasa Pura II terus berkomitmen menjaga kepercayaan dan keyakinan pengguna jasa di Bandara SSK II Pekanbaru melalui penerapan protokol kesehatan secara disiplin," pungkasnya.

Pewarta: Vera Lusiana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022