Gelar pangan murah ini bertujuan untuk lebih memperluas jangkauan masyarakat terhadap pangan terutama pangan pokok
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian melalui Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center (PMT/TTIC) menggencarkan gelar pangan murah, khususnya pangan pokok dan strategis, termasuk minyak goreng seharga Rp14.000/liter.

“Gelar pangan murah ini bertujuan untuk lebih memperluas jangkauan masyarakat terhadap pangan terutama pangan pokok. Gelaran ini sesuai arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo agar menjadi instrumen yang bisa membantu masyarakat memperoleh pangan yang murah dan berkualitas," kata Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Risfaheri dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Risfaheri mengatakan bahwa pelaksanaan gelar pangan murah ini menggunakan mobil toko (moko) yang pergerakannya fleksibel dan mampu menjangkau hingga ke wilayah-wilayah padat penduduk.

Gelar pangan murah dilakukan PMT Kementan dilaksanakan dari tanggal 7 hingga 17 Februari 2022 di 10 titik yang tersebar di wilayah Jakarta dan Depok. Risfaheri mengatakan gelaran pangan murah ini akan diperluas di wilayah Jabodetabek lainnya apabila dibutuhkan.

Beberapa lokasi yang terdapat gelar pangan murah oleh PMT Kementan yakni pada 7-8 Februari 2022 di Kecamatan Cengkareng dan Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, dan Kelurahan Bojongsari Lama, Kota Depok Jawa Barat. Pada 9-10 Februari 2022 di Kecamatan Tambora dan Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat.

Pada 13 Februari 2022 di Jalan Raya Centex Ciracas, Jakarta Timur. Pada 14-15 Februari 2022 digelar di Kecamatan Kebon Jeruk dan Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Dan pada 16-17 Februari 2022 di Kecamatan Kembangan dan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat.

Komoditas pangan pokok yang dijual dalam gelaran tersebut jauh lebih murah dari harga pasar, antara lain beras segar Rp45 ribu per 5 kg, minyak goreng Rp.14 ribu per liter, bawang merah dan cabai merah keriting masing-masing Rp25 ribu per kg, bawang putih Rp20 ribu per kg, dan cabai rawit merah Rp36 ribu per kg.

Selain gelar pangan murah tersebut, masyarakat juga dapat mendatangi langsung outlet PMT/TTIC yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk menekan penyebaran virus pandemi covid-19, layanan daring atau pesan antar bisa menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat dengan mengakses aplikasi PasTani yang dapat diunduh melalui Playstore.

Selain itu, layanan juga bisa diakses melalui jasa pengantaran daring seperti GoFood, GoMart, GrabMart, Mitra Bukalapak, dan lainnya.

Risfaheri menegaskan bahwa pelaksanaan gelar pangan murah tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Kita tentu saja menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan cukup signifikan,” ujarnya.

Baca juga: KSP dorong Kemendag pangkas waktu tunggu pengisian stok minyak goreng
Baca juga: Mentan upayakan ketersediaan 11 komoditas pangan selama COVID-19
Baca juga: Kemendag: Harga minyak goreng dalam proses stabilisasi

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022