Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras menyampaikan Komisi V DPR mendukung pembangunan stasiun dan rel ganda Rancaekek.
 
"Komisi V DPR RI mendukung pembangunan stasiun dan rel ganda Rancaekek dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan, meningkatkan kapasitas lintas, meminimalisir biaya angkutan barang, dan distribusi logistik," lata Iwan dalam keterangannya di Jakarta Kamis.
 
Kemudian, lanjut dia, dukungan pembangunan itu demi mengurangi beban kepadatan lalu lintas di jalan raya yang dapat berdampak meningkatnya produktivitas masyarakat.

Baca juga: DPR RI terima perwakilan perempuan jelang uji kelayakan KPU-Bawaslu
 
Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras sudah meninjau secara langsung progres pembangunan stasiun dan rel ganda Rancaekek yang nantinya berfungsi sebagai prasarana penunjang mobilitas angkutan penumpang dan barang.
 
Iwan mengatakan kereta api saat ini merupakan salah satu sarana transportasi yang sangat diminati masyarakat sebagai angkutan umum yang terjangkau dan aman.
 
Oleh karena itu, menurut dia, diperlukan dukungan prasarana yang memadai dan peningkatan mutu pelayanan perkeretaapian yang optimal dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat akan transportasi kereta api.

Baca juga: DPR belum terima Surpres-DIM RUU TPKS dari pemerintah
 
Dia mengatakan melalui kunjungan kerja spesifik tersebut, Komisi V DPR RI ingin melihat dan mendengarkan secara langsung progres pembangunan stasiun, rel ganda Rancaekek, dan menginventarisasi permasalahan pembangunan untuk ditindaklanjuti.
 
Ia menyebutkan Komisi V DPR RI meminta Ditjen Perkeretaapian dan stakeholder terkait untuk memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan sebagai indikator utama dalam mempersiapkan sarana dan prasarana perkeretaapian yang memadai sehingga masyarakat mendapatkan transportasi yang lancar, aman, dan nyaman.

Baca juga: Komisi III DPR RI lakukan kunjungan ke Desa Wadas
 
"Dengan meningkatnya sarana dan prasarana perkeretaapian diharapkan semakin banyak masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan kereta api," katanya.
 
Pembangunan stasiun dan rel ganda di Stasiun Rancaekek diharapkan dapat memberikan daya dorong bagi pertumbuhan ekonomi dan potensi daerah yang akan berdampak pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022