Jakarta (ANTARA) - Perusahaan dompet digital DANA terus mendorong digitalisasi perekonomian di daerah- daerah yang ada di Indonesia terbaru melalui dukungannya kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kalimantan Barat tepatnya di Pontianak.

DANA menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pontianak untuk mendorong digitalisasi perekonomian daerah dan itu pun menjadi lanjutan dari kerjasama kedua pihak sebelumnya lewat digitalisasi Kapal Wisata Sungai Kapuas.

“Pontianak memilik potensi yang besar, mulai dari pariwisata, kuliner hingga kerajinannya. Di era digital ini, DANA sebagai perusahaan teknologi keuangan akan membantu Pontianak untuk mendigitalisasi perekonomiannya baik melalui onboarding UMKM, memberikan pelatihan, maupun memasarkan produk-produk mereka,” kata Chief People and Corporate Strategy Officer DANA Agustina Samara seperti dikutip dari siaran persnya, Kamis.

Kerjasama kedua belah pihak itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) terkait proses bantuan DANA untuk mendorong proses digital onboarding para UMKM binaan Dekanasda Pontianak agar terhubung dengan ekosistem digital dan bisa memasarkan produknya secara lebih luas.

Selain itu, DANA juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para UMKM di Pontianak guna meningkatkan daya saing mereka setelah bergabung ke ekosistem digital.

“Dengan hadirnya teknologi keuangan yang dimiliki DANA, potensi UMKM Pontianak dapat dioptimalkan untuk menciptakan produk-produk yang berdaya saing tinggi. Harapannya, adopsi dompet digital DANA di UMKM Pontianak, tidak hanya akan mengakselerasi literasi keuangan digital di kalangan pelaku usaha saja. Namun, upaya ini juga dapat menumbuhkan ketertarikan masyarakat untuk bertransaksi digital,” kata Agustina.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Pontianak Yaniata Arbieastutie menyampaikan apresiasinya untuk DANA karena tak henti membantu pemerintah daerah mendukung program nasional UMKM "Go Digital".

"Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Deskranada Pontianak terhadap pengembangan UMKM melalui pemasaran dan pembayaran digital. Hal ini bisa menjadi motivasi bagi UMKM, karena saat pandemi ini gerak dan ruang UMKM terbatas melalui keraja sama ini UMKM bisa berkreasi, berinovasi dan menjual produknya melalui platform digital,” kata Yanieta.

Sebagai penyelenggara sistem pembayaran digital, DANA telah hadir secara inklusif khususnya melalui QRIS pada fitur DANA Bisnis agar pelaku UMKM di Pontianak dapat melakukan transaksi non tunai dengan praktis dan nyaman.

Fitur QRIS DANA saat ini telah digunakan oleh 2.000 UMKM di Pontianak, termasuk pedagang oleh-oleh di Jalan Patimura. Fitur itu juga resmi digunakan digunakan di kapal wisata Sungai Kapuas sejak akhir tahun lalu.

Baca juga: DANA mitra resmi program Kartu Prakerja gelombang baru

Baca juga: DANA v.2.0 perkaya pengalaman transaksi digital

Baca juga: DANA dukung pengembangan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022