Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar waspada hujan sedang hingga lebat pada Kamis sore dan malam di sejumlah wilayah di Sumatera Utara yang dapat menyebabkan longsor.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah di Medan, Kamis, mengatakan masyarakat harus waspadai hujan sedang hingga lebat disertai badai petir di wilayah lereng barat, pantai barat, pegunungan dan lereng timur Sumatera Utara

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut berpotensi dapat menyebabkan banjir dan longsor, " katanya.

Secara umum ia menjelaskan kondisi cuaca di Sumut pada siang hari berpotensi hujan ringan hingga sedang dan lebat di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Karo, Simalungun, dan Pematangsiantar.

Baca juga: BMKG: 96,8 persen wilayah Indonesia hujan saat Natal dan tahun baru

Baca juga: BMKG: panas menyengat berpotensi tiga hari kedepan di Sumut


Kondisi serupa dapat juga terjadi di Serdang Bedagai, , Tebing Tinggi, Asahan, Samosir, Toba, Dairi, Pakpak Bharat, Batubara, Tapanuli Utara, Humbahas, Tapteng, Tapsel, Kep. Nias, Paluta, Sibolga, Tanjung Balai dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian Besar Sumatera Utara dan dini hari berawan banyak di Sumatera Utara.

Suhu udara 18.0 – 33.0 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen, angin berhembus dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.*

Baca juga: BMKG: Sumut berpotensi hujan sore dan malam hari

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan intensitas lebat di pegunungan Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022