Teheran (ANTARA) - Iran akan terus melanjutkan pengembangan kekuatan rudalnya untuk melindungi diri dari musuh, kata Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mohammad Bagheri pada Rabu (9/2).

Pernyataan tersebut disampaikan Bagheri dalam sebuah upacara untuk memamerkan rudal balistik di ibu kota Teheran.

Dia mengatakan bahwa kekuatan rudal untuk melawan penyerang dan penindas negara republik Islam itu semakin kuat dan negaranya "akan melanjutkan jalur pertumbuhan, peningkatan, serta keunggulan baik dalam hal kuantitas maupun kualitas," lapor kantor berita resmi IRNA.
 
Iran memamerkan rudal "Kheibar Shekan" miliknya pada 9 Februari 2022. (Xinhua/IRNA


Sebelumnya pada hari yang sama, bertepatan dengan peringatan 43 tahun kemenangan Revolusi Islam, Iran mengungkap rudal balistik bernama Kheibar Shekan yang memiliki jangkauan 1.450 kilometer.

Rudal balistik tersebut merupakan rudal jarak jauh generasi ketiga milik Korps Garda Revolusi Islam (Islamic Revolution Guards Corps/IRGC) Iran, lapor kantor berita Tasnim Iran.

Rudal ini menggunakan bahan bakar padat dan mampu melakukan manuver untuk menerobos tameng rudal pada fase pendaratan, menurut laporan tersebut.

Amerika Serikat telah lama menduga bahwa pengembangan rudal balistik Iran dapat menambah kemampuan mereka dalam membawa hulu ledak nuklir.

Iran, yang berulang kali mengatakan program nuklirnya adalah untuk tujuan damai, menegaskan bahwa program rudalnya dimaksudkan untuk pertahanan diri.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022