Beijing (ANTARA) - Harga minyak turun di perdagangan Asia pada Jumat pagi, karena inflasi AS yang tinggi memicu kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga yang agresif ketika investor menunggu hasil pembicaraan AS-Iran yang dapat mengarah pada peningkatan pasokan minyak mentah global.

Minyak mentah berjangka Brent tergelincir 40 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 91,01 dolar AS per barel pada pukul 01.40 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS turun 25 sen atau 0,3 persen menjadi diperdagangkan di 89,63 dolar AS per barel.

Harga minyak acuan juga sejalan untuk penurunan mingguan pertama mereka setelah tujuh kenaikan mingguan berturut-turut, meskipun kedua kontrak sebelumnya naik ke level tertinggi tujuh tahun.

"Reli harga minyak mentah akhirnya kehabisan tenaga karena optimisme meningkat bahwa pembicaraan kesepakatan nuklir Iran menuju ke arah yang benar dan ketika dolar menguat karena pasar uang mulai mempertimbangkan kenaikan suku bunga Fed yang sangat besar," kata Edward Moya, analis pasar senior. di broker OANDA.

"Pasar minyak masih sangat ketat, tetapi kelelahan dalam reli harga minyak mentah telah terjadi. Jika dolar terus menguat, harga minyak bisa terus turun lebih jauh."

Presiden Federal Reserve Bank St. Louis, James Bullard mengatakan dia menginginkan persentase penuh kenaikan suku bunga pada 1 Juli, menyusul rilis data inflasi AS yang mengalami kenaikan tahunan terbesar dalam 40 tahun.

Investor juga telah mengamati pembicaraan tidak langsung antara AS dan Iran untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir, yang dilanjutkan minggu ini setelah jeda 10 hari. Sebuah kesepakatan dapat melihat pencabutan sanksi terhadap minyak Iran dan mengurangi ketatnya pasokan global.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan pembicaraan telah "mencapai poin yang mendesak," dan bahwa "Kesepakatan yang membahas masalah inti dari semua pihak sudah di depan mata."

Sementara itu, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengatakan bahwa permintaan minyak dunia mungkin akan meningkat lebih tajam tahun ini. Kelompok itu memperkirakan kenaikan 4,15 juta barel per hari (bph) tahun ini, karena ekonomi global mencatat pemulihan yang kuat dari pandemi.

Baca juga: Minyak beragam di sesi Asia, investor bidik pembicaraan nuklir AS-Iran
Baca juga: Minyak stabil di tengah prospek kenaikan suku bunga Fed yang agresif
Baca juga: Jepang pertimbangkan langkah lanjutan kendalikan harga bahan bakar

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022