"Jumlah kunjungan wisman asal negeri jiran ke Aceh mencapai 56 persen dari jumlah kunjungan seluruhnya sebanyak 6.657 orang pada periode Januari-Juni 2011"
Banda Aceh, 2/8 (ANTARA) - Wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia mendominasi kunjungan ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) selama Januari-Juni 2011.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NAD merilis jumlah kedatangan wisman yang berkunjung ke Aceh selama enam bulan terakhir didominasi turis asal Malaysia yakni sebanyak 3.759 orang.

"Jumlah kunjungan wisman asal negeri jiran ke Aceh mencapai 56 persen dari jumlah kunjungan seluruhnya sebanyak 6.657 orang pada periode Januari-Juni 2011," kata Kepala BPS Provinsi Aceh, Syech Suhaimi di Banda Aceh, Selasa.

Dikatakannya, kunjungan terbanyak kedua berasal dari Jerman sebanyak 744 orang, disusul Republik Rakyat Cina sebanyak 516 orang, Inggris sebanyak 199 orang dan Australia sebanyak 135 orang.

Tujuan yang paling banyak dikunjungi turis luar negeri itu saat berada di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu adalah Kota Banda Aceh dan disusul Aceh Barat dan Sabang.

"Banyaknya turis yang berkunjung ke Banda Aceh merupakan salah satu dari promosi program Visit Banda Aceh Year 2011," katanya menjelaskan.

Suhaimi mengatakan, jumlah kedatangan tamu di bumi Iskandar Muda tersebut diperkirakan akan meningkat pada tahun berikutnya menyusul pencanangan Visit Aceh Year 2013.

(IFL*BDA)



Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011