Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* China akan mendukung penuh Hong Kong dengan strategi COVID-19 "nol dinamis" ketika kota itu diperkirakan akan mencetak rekor infeksi baru pada Jumat.

* Penduduk Australia akan memerlukan suntikan dosis booster agar dianggap telah disuntik lengkap dengan vaksin COVID-19, meskipun pihak berwenang mengatakan pelancong asing masih akan diwajibkan vaksinasi dua dosis saja untuk masuk ke negara itu.

* Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan melaporkan 53.926 kasus baru COVID-19 pada Jumat. Negara itu telah mencatat jumlah kasus di atas 50.000 selama dua hari berturut-turut yang dipicu oleh varian Omicron. Angka kematian pada hari yang sama bertambah 49 orang sehingga totalnya menjadi 7.012 jiwa.

* Makin banyak pengunjuk rasa yang menduduki halaman parlemen Selandia Baru pada Jumat. Mereka menyerukan pencabutan mandat vaksin dan pembatasan COVID-19 ketat, dan menolak menghentikan aksi meskipun polisi menangkap sejumlah orang.

Baca juga: Makin banyak demonstran duduki halaman parlemen Selandia Baru

Timur Tengah dan Afrika

* Tunisia mulai Kamis (10/2) mencabut aturan jam malam yang diberlakukan bulan lalu untuk mencegah penularan COVID-19.

* Presiden Turki Tayyip Erdogan, yang menjalani isolasi sejak Sabtu (5/2) setelah terinfeksi virus corona, telah menunjukkan hasil tes negatif.

Amerika

* Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Kamis mengatakan kewajiban memakai masker pada anak-anak kemungkinan akan mulai dilonggarkan, ketika pemerintah berencana mulai memvaksinasi anak usia di bawah 5 tahun. Namun, Biden mengatakan terlalu dini untuk mencabut kewajiban itu secara menyeluruh.

* Eli Lilly and Co mengatakan pada Kamis mereka telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah AS untuk memasok hingga 600 ribu dosis obat antibodi untuk COVID-19 dengan total nilai sedikitnya 720 juta AS (Rp10,3 triliun).

* Amazon.com Inc pada Kamis menginformasikan kepada staf gudang dan logistik di AS bahwa mereka harus sudah divaksin penuh pada 18 Maret jika ingin mengambil cuti berbayar ketika terkena COVID-19.

* New York City berencana akhir pekan ini memecat sekitar 3.000 pegawai pemerintah yang tidak mau divaksin COVID-19, menurut laporan New York Times.

Baca juga: Dalam misi diplomatik berisiko tinggi, Macron terbang ke Moskow

Eropa

* Presiden Prancis Emmanuel Macron menolak permintaan Kremlin untuk menjalani tes COVID-19 di Rusia ketika dia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin pekan ini. Karena itu, Macron harus menjaga jarak dengan Putin selama pertemuan, kata dua sumber yang ikut  rombongan Macron kepada Reuters.

* Pemerintah Inggris gagal melakukan upaya yang cukup untuk menemukan penyimpangan sejumlah program bantuan COVID-19, yang menyebabkan sedikitnya empat miliar pound (Rp77,9 triliun) uang pembayar pajak mengalir ke tindak kejahatan dan salah sasaran, menurut laporan parlemen.

Perkembangan Medis

* Novavax Inc mengatakan pada Kamis vaksin dua dosis buatannya 80 persen efektif melawan COVID-19 dalam uji coba tahap akhir pada remaja berusia 12-17 tahun.

* Sebuah komite di Kementerian Kesehatan Jepang telah menyetujui obat COVID-19 oral buatan Pfizer.

Sumber: Reuters
 

Prancis catat rekor harian 400.000 lebih kasus COVID-19

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022