Praya (ANTARA) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menilai persiapan penerapan protokol kesehatan pada ajang tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), sudah berjalan dengan baik.

"Kami lihat bahwa untuk sistem bubble dalam rangka menjaga protokol kesehatan pada ajang balap tes pramusim ini semua berjalan baik," katanya, seusai mengecek persiapan pengamanan dan penerapan protokol kesehatan COVID-19 pada ajang tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Jumat.

Kapolri mengatakan pengecekan itu dilakukan dalam rangka memastikan seluruh rangkaian kegiatan pramusim dan kegiatan pelaksanaan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia yang akan dilaksanakan pada Maret 2022 sudah siap.

Dari laporan yang diterimanya, ia memastikan segala permasalahan yang sempat muncul, saat ini sudah bisa diselesaikan. Kemudian, dari segi penerapan protokol kesehatan sudah diberlakukan kepada semua kru dan pebalap serta semua panitia daerah, mulai dari pintu masuk ke Indonesia

"Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan di tempat akomodasi hingga lokasi pelaksanaan ajang itu sendiri, yakni Sirkuit Mandalika," katanya.

Menurut dia, pemeriksaan, mulai dari dokumen, test RT-PCR, test swab antigen harian, hingga pengaturan batas-batas area, baik untuk peserta, ofisial dan masyarakat, telah berjalan sebagaimana standar operasional prosedur (SOP).

"Sehingga kemudian ini tidak tercampur dengan panitia daerah atau masyarakat yang mungkin akan membantu melaksanakan kegiatan di Sirkuit," katanya.

Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok telah siap digunakan untuk balapan tes pramusim MotoGP, 11-13 Februari 2022. Sebelumnya para pebalap MotoGP melakukan tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Para pebalap akan melintasi Sirkuit Mandalika yang memiliki 17 tikungan dengan panjang lintasan 4,3 kilometer, mulai pukul 09:00 wita hingga 17:00 Wita selama tiga hari.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022