Selama ajang MotoGP berlangsung akan terjadi perputaran uang setidaknya Rp500 miliar
Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo Septriana Tangkary mendorong pelaku UMKM lokal di Nusa Tenggara Barat mulai memasarkan produk-produknya melalui e-commerce.

"Melalui e-commerce tentunya memperluas target pasar, efisiensi biaya operasional, dan masih banyak lainnya. Prosesnya pun sangat mudah," ujarnya di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu.

Ia menyatakan saat ini setidaknya terdapat 162 e-commerce di Indonesia. Oleh karena itu, menurutnya, banyak faktor yang menguntungkan jika UMKM lokal NTB mulai memasarkan melalui e-commerce.

"Pengusaha UMKM tidak bisa beraktivitas di satu tempat dan dalam hal ini mereka harus beradaptasi dengan teknologi agar bisa terus beraktivitas. UMKM Indonesia harus bisa berinovasi," katanya.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengatakan selama ajang MotoGP berlangsung akan terjadi perputaran uang setidaknya Rp500 miliar.

"Perputaran uang sebanyak itu meliputi banyak hal mulai dari uang tiket para tamu, biaya mereka menginap dan tentu saja belanja suvenir UMKM lokal di NTB. Momen inilah yang kita harus manfaatkan terutama para UMKM," ujarnya.

Ia menilai efek dari kegiatan berskala internasional seperti MotoGP ini sangat luas.

"Tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan perekonomian di Indonesia khususnya NTB," katanya.

Baca juga: NTB fasilitasi 1.032 UMKM untuk MotoGP Mandalika
Baca juga: Kominfo kawal jaringan telekomunikasi tes pramusim MotoGP Mandalika
Baca juga: Kominfo keluarkan ISR sementara untuk dukung Pramusim MotoGP 2022

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022