Kominfo menugaskan Pengendali Frekuensi Radio dan mengerahkan alat monitoring pendukung berupa mobil monitoring dan handheld
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mengawal jaringan telekomunikasi di sirkuit Mandalika dengan mengerahkan personel untuk mengawasi, mitigasi, dan menangani kemungkinan gangguan terhadap frekuensi radio yang digunakan selama tes pramusim MotoGP 2022.

“Kominfo menugaskan Pengendali Frekuensi Radio dan mengerahkan alat monitoring pendukung berupa mobil monitoring dan handheld,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail melalui siaran pers pada Jumat.

Selain itu, Kominfo mengatakan pihaknya juga terus melakukan koordinasi bersama operator telekomunikasi untuk menyediakan konektivitas internet agar akses jaringan broadband memadai di wilayah Nusa Tenggara.

Baca juga: Kominfo keluarkan ISR sementara untuk dukung Pramusim MotoGP 2022

“Kebutuhan akses internet cepat bagi official team, sponsor, advertising, media dan wartawan asing, penonton, turis wisman dan influencer/content creator, terus berusaha dipenuhi agar meningkatkan pengalaman dalam menikmati sport event di sirkuit Mandalika yang berskala internasional,” kata Ismail.

Ia mengatakan persiapan operator seluler dilakukan dengan beberapa cara, antara lain memastikan ketersediaan konektivitas digital dengan teknologi mobile broadband 4G/LTE yang merata serta menyediakan 5G Experience dan 5G Showcase.

Melalui penyediaan layanan itu diharapkan dapat memberikan pengalaman digital masyarakat makin maksimal.

“Terutama ketika menikmati dan mengabadikan keseruan event balap motor internasional tingkat dunia, yakni MotoGP 2022 yang akan berlangsung di Mandalika International Street Circuit,” ujar Ismail.

Baca juga: Pembangunan infrastruktur TIK Mandalika jadi fokus pemerintah

Operator seluler juga menyediakan booth penjualan dan layanan konsumen untuk memudahkan pengunjung domestik dan luar negeri, terutama rombongan official dan atlet MotoGP 2022.

Menurut Ismail, operator seluler bekerja sama dengan mitra reseller atau outlet di sekitar kawasan Mandalika untuk menyediakan penjualan paket data, voucher fisik, isi ulang pulsa, upgrade atau ganti kartu uSIM.

“Di sejumlah titik di jalur utama, titik transit transportasi seperti bandara, tempat penginapan, telah disediakan. Operator seluler juga akan melayani proses registrasi kartu prabayar bagi WNA yang akan hadir pada event tersebut,” ujarnya.

Baca juga: Kemenkominfo sebut Telkomsel siapkan layanan 5G di Mandalika

Baca juga: Kominfo tambah bandwidth, siapkan 5G experience di MotoGP Mandalika

Baca juga: Kominfo: Jaringan telekomunikasi MotoGP Mandalika siap 100 persen


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022