Medan (ANTARA News) - Dinas Bina Marga Sumatera Utara memperbaiki 197 kilometer jalan provinsi yang rusak untuk memperlancar arus mudik dalam Lebaran 1432 Hijriyah.

"Perbaikannya ada di 15 titik," kata Kepala Dinas Bina Marga Sumut Marapinta Harahap di Medan, Rabu (3/8) malam.

Secara umum, kata dia, terdapat 2.754 km jalan provinsi di Sumut yang kondisinya kurang baik tetapi tidak termasuk kategori rusak berat.

Dengan anggaran yang ada, pihakya melakukan perbaikan dengan peningkatan kualitas terhadap 197 km jalan provinsi yang sering dipergunakan masyarakat.

Jumlah jalan provinsi yang diperbaiki terletak di 15 titik seperti dari kawasan Kota Pinang, Kabupaten Labuhan Batu Selatan hingga kawasan Hutaimbaru, Kabupaten Tapanuli Selatan.

Kemudian, jalan provinsi menuju kawasan Bahorok, Kabupten Langkat, serta kawasan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan hingga Simangambat, Kabupaten Tapanuli Utara.

Sebenarnya, kata dia, Dinas Bina Marga Sumut ingin meningkatkan kualitas jalan provinsi lainnya tetapi terkendala dengan keterbatasan anggaran.

Meski perbaikan dengan peningkatan kualitas jalan hanya diakukan untuk 197 Km saja, pihaknya juga tetap merehabilitasi ruas jalan provinsi lainnya yang mengalami kerusakan kecil.

Proses peningkatan kualitas dan rehabilitasi jalan provinsi tersebut masih terus dilakukan dan diharapkan selesai sebelum memasuku Lebaran.

"Harapannya, kerusakan itu selesai diperbaiki sebelum Lebaran sehingga warga yang mudik tidak mengalami masalah," katanya.

Marapinta mengatakan, selain jalan provinsi, upaya peningkatan kualitas dan rehabilitasi jalan nasional seperti di kawasan Aek Latong, Kabupaten Tapanuli Selatan juga sedang dilaksanakan untuk menunjang kelancaran arus mudik Lebaran di Sumut.

"Namun pengerjaannya dilakukan Balai Besar Jalan Wilayah Sumatera I," katanya.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011