Jakarta (ANTARA) - Produser dan sutradara Ivan Reitman, yang dikenal sebagai pembuat film "Ghostbusters", meninggal dunia dalam usia 75 tahun.

Reitman meninggal dunia pada Sabtu (13/2) malam waktu setempat di kediamannya di Montecito, California, Amerika Serikat, kata keluarganya kepada Associated Press dikutip Senin.

"Keluarga kami berduka atas kehilangan tak terduga dari seorang suami, ayah, dan kakek yang mengajari kami untuk selalu mencari keajaiban dalam hidup," kata keluarga Reitman dalam sebuah pernyataan.

Masih dalam keterangan tersebut, pihak keluarga berharap sosok Reitman akan selalu dikenang oleh banyak orang melalui film-filmnya.

Baca juga: Paul Rudd akan tampil di film "Ghostbusters"

Sutradara film reboot "Ghostbusters" (2016), Paul Feig, menyampaikan duka citanya melalui unggahan di akun Twitter-nya. Ia mengaku terkejut atas berita kematian Rietman.

“Saya mendapat kehormatan bekerja sangat dekat dengan Ivan dan itu selalu merupakan pengalaman belajar. Dia menyutradarai beberapa film komedi favorit saya sepanjang masa. Dunia komedi berutang banyak padanya," tulis Feig pada Senin.

Reitman dikenal berkat karya bergenre komedi, terutama pada era 1980-an dan 1990-an. Terobosan karier terbesarnya datang saat ia memproduseri "Animal House" (1978) dan menyutradarai "Meatballs" (1979).

Kesuksesan Rietman yang paling signifikan adalah ketika dia memproduseri dan menyutradarai “Ghostbusters” (1984). Film yang dibintangi Bill Murray dan Dan Aykroyd itu meraup hampir 300 juta dolar AS di seluruh dunia. Film itu juga mendapatkan dua nominasi Oscar, melahirkan waralaba termasuk spin-off, acara televisi, dan film baru seperti "Ghostbusters: Afterlife" (2021).

Di antara film terkenal lainnya yang ia sutradarai adalah "Twins" (1988), "Kindergarten Cop" (1990), "Dave" (1993), "Junior" (1994), dan "Six Days, Seven Nights" (1998).

Rietman memproduseri "Beethoven" (1992), "Old School" (2003), "EuroTrip" (2004), dan banyak lainnya, termasuk film nominasi Oscar yang disutradarai oleh putranya, Jason Reitman, "Up in the Air" (2009).

Baca juga: "Ghostbusters: Afterlife" rajai box office Amerika

Baca juga: Bocoran "Ghostbusters: Afterlife" kembali rilis, tayang November 2021

Baca juga: Film dokumenter "Ghostbusters" bakal hadir pekan depan

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022