Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah ringkasan perkembangan pandemi COVID-19 di berbagai belahan dunia hari ini:

Hong Kong kewalahan hadapi gelombang kelima COVID

Hong Kong sedang kewalahan oleh lonjakan kasus COVID-19, kata pemimpinnya, Senin. Meski demikian, jumlah kematian di pusat keuangan global itu lebih rendah dari kota-kota serupa lainnya di dunia sejak awal pandemi.

Di tengah tekanan pada sistem kesehatan di kota itu, pakar kesehatan memperingatkan kasus harian bisa mencapai 28.000 pada akhir Maret. Tingkat keterisian ranjang rumah sakit sudah mencapai 90 persen dan fasilitas isolasi mendekati kapasitas penuhnya.

PM Selandia: Protes mandat vaksin fenomena "impor"

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan dia merasa demonstrasi menentang mandat vaksin COVID-19 yang kini memasuki pekan kedua merupakan fenomena "impor" yang baru kali ini dia lihat di negara itu.

Ratusan demonstran menduduki halaman gedung "sarang lebah" parlemen pada hari ketujuh. Mereka mengabaikan seruan polisi untuk membubarkan diri dan tidak memedulikan guyuran hujan.

Para pengunjuk rasa tampaknya tidak tertarik untuk berdialog, kata Ardern.

Jerman berharap pada pasokan vaksin Novavax

Data yang digali oleh Reuters menunjukkan bahwa vaksin dua-dosis baru Nuxavoxid buatan Novavax telah meyakinkan banyak orang Jerman yang enggan divaksin untuk menjalani vaksinasi.

Vaksin yang dibuat dengan teknologi berbasis protein itu dianjurkan pemakaiannya di Jerman untuk imunisasi dasar penduduk berusia 18 tahun ke atas.

Masalahnya, bagaimana memastikan pasokannya. Laporan Reuters menunjukkan pada Selasa bahwa Novavax telah menunda pengiriman vaksin tersebut untuk triwulan pertama di Eropa dan negara-negara berpendapatan lebih rendah seperti Filipina.

Baca juga: COVID serang pengemudi, pasokan makanan Hong Kong terganggu

Hanya satu obat COVID yang efektif melawan Omicron

Hingga Jumat, hanya ada satu obat antibodi COVID-19 yang efektif melawan varian Omicron. Namun, obat bernama sotrovimab buatan Vir Biotechnology dan GSK itu tidak menunjukkan efektivitas terhadap subvarian BA.2 yang menyebar cepat, menurut data penelitian yang dirilis bioRxiv jelang peninjauan oleh rekan sejawat (peer review).

Sebuah obat antibodi yang disetujui oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan AS (FDA) dalam uji coba menunjukkan harapan melawan subvarian-subvarian Omicron, menurut penelitian itu.

Obat bernama bebtelovimab buatan Eli Lily itu ampuh dalam menetralisasi semua subvarian Omicron, kata David Ho dan timnya dari Universitas Columbia.


Baca juga: Pejabat IOC puji langkah pencegahan COVID-19 selama Olimpiade Beijing

Vietnam akan cabut pembatasan COVID di penerbangan internasional

Vietnam akan mencabut pembatasan perjalanan bagi penerbangan internasional sehingga jumlah penumpang tidak lagi dibatasi mulai 15 Februari, menurut laporan koran pemerintah Tuoi Tre pada Minggu.

Negara itu telah memberi tahu para mitra tentang kebijakan tersebut, dan hanya China yang belum setuju untuk melanjutkan penerbangan komersialnya, kata Tuoi Tre mengutip seorang pejabat di badan pengatur penerbangan sipil.

Sumber: Reuters

Baca juga: Korsel mulai berikan dosis ke-4 vaksin COVID akhir Februari

Baca juga: Gara-gara 'lockdown', guru Yunani pecahkan dua rekor dunia 'skipping'

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2022