Jakarta (ANTARA) - Alumni Penabur Indonesia (Alpenindo) mengajak masyarakat bergerak bersama melalui olahraga sekaligus beramal dengan menggelar ajang Alpenindo Virtual Walk, Run, & Ride 2022 pada 1-31 Maret.

Bekerja sama dengan Cause, 500 ribu peserta ditargetkan mengikuti ajang yang terbagi dalam dua kategori yakni, 42K Multiple Walk & Run, dan 100K Multiple Ride tersebut.

Ketua Panitia Santoso Gondowidjojo mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kepedulian Alpenindo serta mengajak para alumni BPK Panabur dan masyarakat umum untuk membantu kesejahteraan para pensiunan guru maupun tenaga pendidik khususnya di lingkungan BPK Penabur.

"Sehingga tema acara yang diusung kali ini adalah My Teacher My Hero," kata Santoso dalam konferensi pers virtual, Senin.

"Pada event pertama ini, kami ingin mengajak para Alumni Penabur Indonesia untuk menggalang donasi yang akan disalurkan kepada 100 orang yang merupakan pensiunan guru serta tenaga edukasi yang membutuhkan," ujar Santoso.

Adapun jumlah donasi yang menjadi target dari ajang ini, lanjut Santoso, yakni sebesar Rp750 juta. Pengumpulan dana donasi akan dilakukan melalui ajang olahraga jalan, lari, dan bersepeda secara virtual pertama dari Alpenindo, serta didukung oleh berbagai platform penggalangan donasi seperti Kitabisa.com dan WeCare.id.

Dengan format virtual, acara diselenggarakan menggunakan platform virtual run & ride asli Indonesia yang bernama Cause ID dengan periode registrasi 16 Februari 2022 hingga 7
Maret 2022.

Alpenindo Virtual Walk, Run & Ride 2022 akan diselenggarakan secara gratis. Namun bila ada peserta yang tergerak untuk berdonasi, peserta dapat mendaftarkan diri Anda di Alpenindo Virtual Walk, Run & Ride 2022 pada halaman https://bit.ly/alpenindovwrride2022 dan memberikan donasi secara sukarela mulai dari Rp25.000.

Alpenindo dibentuk 4 tahun lalu untuk mewadahi para alumni sekolah-sekolah Penabur yang jumlahnya puluhan ribu orang, tersebar di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri.

"Wadah alumni ini mempunyai misi untuk menghimpun bakat dan potensi yang luar biasa yang dimiliki para alumni, saling bantu membantu antar alumni, maupun dengan tenaga pendidik, karyawan dan membagikan potensi yang ada tersebut untuk masyarakat umum," kata Willy Suwandi Dharma selaku Ketua Badan Pengurus Pusat Alpenindo.

Baca juga: Dokter olahraga ajak masyarakat berolahraga, jaga daya tahan tubuh
Baca juga: Kemenkes ajak masyarakat olahraga untuk hadapi pandemi
Baca juga: Menpora yakin kegiatan olahraga berangsur pulih pada 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022