Bandung (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden RI Muhammad Yusuf Kalla tertarik berinvestasi bagi pembangunan monorel di area Bandung Raya untuk mengurangi masalah kemacetan di area Bandung Raya.

"Angkutan kota di Bandung jenisnya monorel supaya membantu kelancaran transportasi masyarakat Bandung," kata Jusuf Kalla usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Gedung Sate Bandung, Jumat.

Di dalam pertemuan tersebut Kalla mempresentasikan proyek pembangunan moda transportasi massal tersebut di bawah perusahaan miliknya yakni PT Hadji Kalla.

Menurutnya, Gubernur Jawa Barat menyetujui konsep pembangunan monorel yang dipaparkan oleh dirinya. Ketika ditanyakan berapa nilai investasi dari proyek monorel tersebut, Kalla enggan menjawabnya.

"Gubernur sudah sepakat dan ini sudah lama diajukan ke Gubernur, tentang berapa nilai investasinya nantilah," ujarnya.

Menurutnya, kemacetan di Kota Bandung saat ini sudah hampir menyerupai kemacetan di Jakarta.

"Bandung ini kan makin maju makin banyak turis dan saya memperkirakan tahun lagi Bandung akan macet seperti Jakarta. Kalau Sabtu dan Minggu mungkin sekarang sudah sama dengan Jakarta," ujar Kalla.

Ia mengatakan, jika hal tersebut dibiarkan saja tanpa memikirkan jalan keluarnya maka kemacetan Bandung akan menyerupai Jakarta.

"Kalau terus begini Bandung akan berdesakan, ngak ada cara lain harus ada angkutan massal," katanya.

Dikatakannya, rencananya monorel tersebut akan memiliki panjang sekitar 30 kilometer dan akan beroperasi dalam dan antar kota yang berada di area Bandung.

"Kualitasnya sama dengan engeneering Jepang, Malaysia dan panjangnya kira-kira 30 kilometer," kata Kalla.

Jusuf Kalla berharap, pembangunan monorail tersebut bisa dilakukan pada tahun 2012.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011