Padang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama tim safari Ramadhan Provinsi mengunjungi Masjid Raya Ganting yang merupakan masjid tertua di Kota Padang, Sabtu malam.

"Masjid Raya Ganting Padang merupakan masjid kedua yang dikunjungi oleh tim safari Ramadhan Pemprov Sumbar pada tahun 2011," kata Irwan di Padang, Sabtu, usai pelaksanaan acara.

Dikatakannya, Masjid Raya Ganting sebagai rumah ibadah memiliki nilai sejarah dan menjadi cagar budaya yang harus dilestarikan.

Selain itu Gubernur mengajak masyarakat memanfaatkan sebaik-baiknya momentum Ramadhan 1432 Hijriah dengan memperbanyak amal ibadah serta meningkatkan ketaqwaan.

Dikatakannya, dulu para sahabat nabi setiap akan menyambut bulan suci Ramadhan mereka amat senang dan merindukannya, dan ketika akan berpisah mereka menangis, serta berdoa agar dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadhan.

"Karena itu mari manfaatkan sebaik-baiknya kedatangan Ramadhan tahun ini dengan meningkatkan ibadah mengingat nilai amalan yang diberikan sangat melimpah," kata dia.

Sementara, Ketua Pengurus Masjid Raya Ganting Nursuhud Husin mengatakan masjid ini tertua di Padang didirikan pada tahun 1810.

"Selain menjadi tempat ibadah, masjid ini juga menjadi cagar budaya serta kunjungan wisata," kata dia

Berukuran 30x30 meter masjid menggunakan desain Timur Tengah bercampur Spanyol memiliki empat atap susun tingkat tiga dan empat serta delapan pintu dan delapan jendela

Pascagempa 2009, masjid ini mengalami kerusakan yang cukup parah dan dinyatakan tidak layak pakai.

Kemudian, sejak Februari 2010, masjid ini direnovasi atas bantuan dari Bank Mandiri dengan total biaya Rp1,3 miliar.

Menurut dia, saat awal renovasi pada Februari 2010 direncanakan sebelum Ramadhan 1431 Hijriah pengerjaannya sudah selesai.

Namun karena ada kendala teknis hingga saat ini pengerjaan belum selesai.

"Hal ini menyebabkan terganggunya pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan dimana hanya 50 persen bagian masjid yang bisa digunakan sehingga sebagian jamaah terpaksa harus shalat di emperan masjid," kata dia.

Karena itu melalui Pemerintah Provinsi pengurus dan masyarakat mengharapkan untuk memfasilitasi penyelesaian renovasi masjid ini agar bisa digunakan kembali secara utuh.

Menanggapi hal itu, Gubernur Irwan mengatakan akan mencoba menindaklanjuti dan memfasilitasi agar renovasi Masjid Raya Ganting bisa dituntaskan.

Turut hadir pada kesempatan itu , Kabiro Bina Sosial Abdul Gafar, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat Darwas, Wali Kota Padang Fauzi Bahar serta pejabat dilingkungan Pemkot Padang.

Dalam kesempatan itu Gubernur menyerahkan bantuan senilai Rp9 juta serta 20 Al Quran, serta Wali Kota Padang uang senilai Rp5 juta untuk pembangunan masjid yang langsung diterima oleh pengurus. (IWY/Y006/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011