Los Angeles (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Film "Rise of The Planet of The Apes" dengan mudah telah naik ke puncak box office Amerika Utara pada akhir pekan lalu, saat film itu diperkirakan mengantungi 54 juta dolar AS dari penjualan tiket bioskop selama tiga hari, kata distributor 20th Century Fox, Ahad (7/8).

Pendapatan tersebut jauh lebih baik daripada perkiraan industri itu, yaitu sebesar 35 juta dolar AS, demikian laporan Xinhua, yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.

Film tersebut tertolong oleh pujian dari-mulut-ke-mulut. Penonton memberi acungan jempol, sementara CinemaScore memberinya nilai "A-". Fox menyatakan 54 persen penonton adalah pria dan 56 persen dari mereka berusia 25 tahun dan lebih tua lagi.

Film aksi sains-fiksi itu disutradarai oleh Rupert Wyatt, dan dibintangi oleh James Franco, Andy Serkis dan Freido Pinto.

Film tersebut merupakan sekuel dari film klasik 1968 "Planet of the Apes", dan bercerita tentang bagaimana primata yang lebih rendah mulai berkembang untuk mengambil-alih bumi dari manusia. Dengan latar San Francisco saat ini, film itu adalah kisah peringatan yang berlandaskan kenyataan.

Di luar negeri, film tersebut meraup 23,4 juta dolar AS di 26 pasar asing sehingga mendorong penghasilannya di seluruh dunia jadi 77,4 juta dolar AS dalam satu akhir pekan.

(C003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011