Jayapura (ANTARA News) - Asisten manajer tim Persiwa Wamena, Agus Santoso mengatakan, sekarang pihaknya terus berbenah menjelang kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) musim 2011/2012 mendatang dengan mulai merekrut pemain baru.

"Pemain yang telah kami direkrut saat ini adalah penjaga gawang Deltras Sidoarjo musim lalu, Choirul Huda dan Marcelino Mandagi pemain belakang yang musim lalu berkostum Bontang FC," katanya Senin.

Menurut dia, para pemain itu direkrut tim, karena dianggap punya kemampuan bagus dan sesuai dengan karakter permainan tim berjuluk "Badai Pegunungan" itu.

Sementara untuk perekrutan pemain asing, Agus Santoso mengatakan, manajemen Persiwa akan melakukan perekrutan pemain sesuai aturan yang ditetapkan Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (dan Badan Liga Indonesia, dimana setiap klub LSI hanya diperbolehkan menggunakan tiga pemain non-Asia dan satu pemain Asia.

"Selain Sasa Secevic , salah satu pemain asing kami musim lalu yang pasti akan kami pertahankan adalah penyerang asal Liberia, Eddie Foday Boakay. Setelah itu kami akan kembali melihat pemain mana lagi yang dibutuhkan tim," ujarnya.

Mengenai beberapa persyaratan yang diharusukan oleh PSSI terhadap semua klub yang berkompetisi di LSI musim mendatang seperti legalitas klub yang harus berbadan hukum dikatakannya, Persiwa sudah menuhi itu, karena sejak dua tahun lalu manajemen telah mendirikan PT Persiwa Wamena.

Namun demikian, Persiwa juga berharap PSSI meninjau ulang syarat penyerahan deposit sebesar Rp 5 miliar oleh setiap klub sebagai jaminan agar klub bisa dikatakan profesional. Bagi Persiwa jumlah tersebut terlalu besar dan memberatkan klub.

"Sebenarnya tujuan PSSI memang baik, guna membuat klub professional. Namun Kalau bisa ditiadakan saja syarat itu, atau nilainya dikurangi karena itu terlalu memberatkan klub termasuk Persiwa. Apalagi musim depan klub dilarang menggunakan APBD," ucap Agus Santoso.

Persiwa Wamena merupakan salah satu tim yang berasal dari Pegunungan Papua, dan cukup sukses diajang LSI. Pada musim 2010/2011 lalu, tim ini finish di papan tengah klasemen.

(KR-MBK/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011