Palu (ANTARA News) - Penerbangan puluhan penumpang Batavia Air Palu-Surabaya tertunda sehari karena pesawat yang hendak membawa mereka mengalami gangguan.

Sebuah pesawat Batavia Air Palu-Surabaya yang seharusnya berangkat dari Palu Senin kemarin, tidak bisa diterbangkan karena gangguan, dan penumpangnya baru diterbangkan dengan pesawat lain pada Selasa pagi.

"Pesawat yang kami tumpangi baru bisa diberangkatkan pada pukul 08.00 WITA," kata Cindy Claudia Hariono, salah seorang penumpang Batavia Air di bandara Mutiara Palu, Selasa.

Ia mengatakan seharusnya mereka berangkat pada Senin (8/8) pukul 14.20 WITA. Namun, pesawat Batavia yang sehari-harinya melayani rute Palu-Surabaya, dan Surabaya-Palu tidak bisa mengudara karena mengalami gangguan.

Sebagian penumpang Batavia malam itu juga terpaksa diinapkan di salah satu hotel di Kota Palu dengan biaya seluruhnya ditanggung maskapai itu.

"Tapi saya tidak nginap di hotel, tapi pulang ke rumah," kata pelajar SMA Negeri 2 Palu yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Ibu Kota Provinsi Sulteng.

Sementara Kepala Perwakilan Batavia Air Palu Dody Setiawan membenarkan, penumpang tujuan Surabaya yang seharusnya jika tidak ada gangguan diberangkatkan pada Senin (8/8), namun baru bisa diberangkatkan Selasa pagi.

Atas nama perusahaan, Dody menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh penumpang Batavia.

Menurut dia, tertundanya pemberangkatan selama hampir 20 jam tersebut, bukan karena unsur kesengajaan, tetapi semata-mata karena ada gangguan. "Prinsip kami keselamatan penumpang lebih utama dari segala-galanya," katanya.

(BK03/Y008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011