Moskow (ANTARA News) - Rusia, yang berjuang keras untuk menempati urutan atas kualifikasi Grup B kejuaraan Eropa 2012, akan mendapat cobaan Rabu saat tanding persahabatan melawan Serbia.

Rusia membagi tempat di puncak klasemen grup bersama Republik Irlandia dan Slowakia, setelah sama-sama mengoleksi 13 poin dari enam pertandingan, lima poin di atas tim keempat, Armenia.

Pada September, Rusia akan melakoni dua pertandingan amat krusial di kandang sendiri, saat mereka melawan bekas negara Republik Yogoslavia, Macedonia serta Irlandia.

Pelatih Rusia Dick Advocaat sudah memanggil 20 pemain untuk mengikuti laga persahabatan melawan Serbia.

Bek kanan Alexander Anyukov, yang absen melawan Armenia pada 4 Juni karena sedang dihukum, kemungkinan akan turun lapangan, demikian pula dengan Yury Zhirkov, yang pindah ke Anzhi Makhachkala dari klub raksasa Inggris, Chelsea, juga diharapkan dapat turun.

Kami amat membutuhkan pertandingan persahabatan menjelang laga penyisihan Eropa September," kata Zhirkov, "Kali ini kami melawan tim yang benar-benar kuat, Serbia. Kelihatannya ini merupakan test paling bagus untuk kami."

Tapi Advocaat tidak akan diperkuat pemain tengah Rubin Kazan, Alexander Ryazantsev, yang sedang istirahat karena mengalami cedera. Tempatnya kemungkinan akan digantikan pengatur serangan dari Dynamo Moscow, Igor Semshov, yang mencetak gol ke-100 dalam kompetisi liga Rusia bulan lalu.

Advocaat juga diisukan pada menit akhir memanggil pemain bertahan lini tengah dari Zenit St Petersburg, Roman Shirokov, yang baru sembuh dari cedera dan sudah beraksi dalam kemenangan 2-0 Sabtu melawan CSKA Moscow.

Striker Tottenham, Roman Pavlyuchnko, yang membuat hatrik pada kemenangan 3-1 di laga akhir melawan Armenia, serta pemain depan dari Stuttgart Pavel Pogrebnyak, kelihatannya akan ditempatkan di lini depan.

Kedua tim ini sudah pernah bertemu delapan kali setelah era pecahnya Soviet dan Rusia memimpin tiga kemenangan dan empat seri sedangkan lawannya menang satu kali.

Pelatih kepala Serbia, Vladimir Petrovic, yang tidak akan diperkuat pemain cedera Dejan Stankovic dari Inter Milan serta bek murni Chelsea Branislav Ivanovic, memandang laga itu amat penting menjelang pertandingan kualifikasi Euro 2012 melawan Irlandia Utara dan Kepulauan Faroe.

"Kami memilih Rusia, karena ingin mencoba kekuatan kami melawan tim tangguh," kata Petrovic, "Kami ingin menemukan bentuk permainan kami yang sesungguhnya menjelang laga kualifikasi."

Serbia bertengger di urutan ketiga pada babak penyisihan Grup C dengan mengantongi delapan poin dari enam pertandingan, tiga poin di bawah tim urutan kedua Slovenia, yang masih memiliki satu pertandingan lagi.

Italia berada di puncak klasemen grup dengan koleksi 16 poin.

(SYS/A008/F005)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011