Berita positif dari negosiasi nuklir AS-Iran memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk harga minyak global, karena kemungkinan pasokan minyak mentah baru mengurangi defisit pasokan-permintaan
Singapura (ANTARA) - Minyak memulihkan sebagian dari penurunan awal lebih dari dua persen perdagangan Asia pada Kamis, setelah pemberontak yang didukung Rusia di Ukraina timur menuduh pasukan pemerintah Kyiv pada Kamis menembaki wilayah mereka dengan mortir.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS diperdagangkan turun 0,7 persen pada 92,98 dolar AS per barel pada pukul 04.22 GMT, setelah sebelumnya turun lebih dari 2,0 persen.

Minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan turun 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 94,2 dolar AS per barel pada pukul 04.20 GMT, setelah sebelumnya juga turun lebih dari 2,0 persen.

Pemberontak yang didukung Rusia di Ukraina timur mengatakan pasukan pemerintah Kyiv pada Kamis menggunakan mortir untuk menyerang wilayah mereka, yang melanggar perjanjian yang bertujuan untuk mengakhiri konflik, kata kantor berita negara Rusia RIA.

Eskalasi dalam konflik selama bertahun-tahun dengan separatis Donbass dapat memicu ketegangan antara Rusia dan Barat. Rusia telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina dan Barat telah mengancam Moskow dengan sanksi baru jika menyerang.

Minyak jatuh lebih awal setelah Prancis dan Iran mengatakan pihak-pihak lebih dekat dengan kesepakatan untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia, mengimbangi ketegangan di Ukraina.

"Berita positif dari negosiasi nuklir AS-Iran memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk harga minyak global, karena kemungkinan pasokan minyak mentah baru mengurangi defisit pasokan-permintaan," kata Claudio Galimberti, wakil presiden senior konsultan Rystad Energy.

Prancis mengatakan pada Rabu (16/2) bahwa keputusan untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir Iran 2015 dengan kekuatan dunia hanya beberapa hari lagi dan bahwa sekarang terserah kepada Teheran untuk membuat pilihan politik, sementara Teheran meminta kekuatan Barat untuk menjadi "realistis."

Dengan kesepakatan baru yang mengisyaratkan, Korea Selatan, yang sebelumnya salah satu pelanggan minyak terkemuka Teheran di Asia, mengatakan pada Rabu (16/2) bahwa pihaknya telah mengadakan pembicaraan tingkat kerja tentang melanjutkan impor minyak mentah Iran dan mencairkan dana Iran.

Dalam catatan penelitian sebelumnya pada Kamis, Eurasia Group mengatakan jika terjadi kesepakatan, Iran akan dapat memasuki pasar dengan meningkatkan pasokan lebih cepat daripada mengikuti kesepakatan pada 2015.

"Kali ini, pentahapan kesepakatan bisa memakan waktu 1-2 bulan, tetapi Iran kemungkinan akan segera mulai meningkatkan ekspor minyak, baik secara legal maupun ilegal," catat Eurasia, menambahkan bahwa pasokan bisa berasal dari penyimpanan terapung Iran di Asia serta minyak yang disimpan dalam tangki di China.

Pasar minyak telah didominasi oleh sikap Rusia yang mengancam terhadap Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, dengan kekhawatiran bahwa gangguan pasokan dari produsen utama di pasar global yang ketat dapat mendorong harga minyak ke 100 dolar AS per barel.

Pengumuman Rusia tentang penarikan sebagian pasukan dari dekat Ukraina awal pekan ini dibantah oleh peringatan pemerintah Barat bahwa Rusia membangun kehadiran militer di dekat perbatasan Ukraina, menjaga ketegangan tetap membara.

"Dalam beberapa minggu terakhir, pasar telah memperkirakan ketegangan Rusia-Ukraina yang akan menyebabkan lebih banyak gangguan produksi dan pasokan dalam situasi pasokan yang sudah ketat di pasar minyak," kata Tina Teng, analis di CMC Markets, menambahkan harga bisa melihat penurunan lebih lanjut jika ketegangan mereda.

Baca juga: Rusia sebut Ukraina dijadikan alat geopolitik oleh NATO dan AS

Baca juga: Lavrov: Keanggotaan Ukraina dapat rusak hubungan NATO dengan Rusia

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022