Tema Recover Together Recover Stronger di bawah Presidensi G20 Indonesia menggarisbawahi pentingnya kerja sama global untuk mengatasi pandemi saat ini dan mempersiapkan masa depan,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak semua negara untuk memperkuat arsitektur kesehatan global melalui Presidensi G20 Indonesia guna membangun dunia yang lebih tahan terhadap pandemi maupun guncangan di masa depan.

“Tema Recover Together Recover Stronger di bawah Presidensi G20 Indonesia menggarisbawahi pentingnya kerja sama global untuk mengatasi pandemi saat ini dan mempersiapkan masa depan,” katanya dalam Agenda G20 di Jakarta, Kamis.

Sri Mulyani menyatakan Presidensi G20 Indonesia yang hadir di tengah krisis pandemi COVID-19, membuat aspek kesehatan menjadi satu bagian dari prioritas yang akan dibahas dalam forum internasional ini.

Ia menuturkan Presidensi G20 Indonesia akan meninjau dan mengevaluasi cara-cara yang mampu memperkuat sistem kesehatan di tingkat nasional, regional serta global agar dunia lebih siap dan lebih tahan terhadap semua ancaman kesehatan masyarakat.

Selain itu, Presidensi G20 Indonesia juga akan melakukan brainstorming tentang modalitas pembiayaan dan mengidentifikasi peta jalan yang menjanjikan nilai tambah paling besar baik bagi kontributor maupun penerima.

“Dua area fokus utama dari upaya kolektif kita untuk memperkuat arsitektur kesehatan global,” ujarnya.

Ia menegaskan G20 harus berada di garis depan dalam proses ini mengingat dalam memperkuat arsitektur kesehatan global pasti memiliki banyak tantangan serta membutuhkan komitmen yang kuat dan investasi yang lebih besar dari sebelumnya.

Menurutnya, penguatan arsitektur kesehatan global harus segera dilakukan karena pandemi COVID-19 telah merugikan banyak pihak baik secara sosial termasuk kesehatan bahkan pembiayaan yang sangat besar dalam dua tahun terakhir.

“Penguatan arsitektur kesehatan global selama Presidensi Indonesia tidak hanya penting bagi lokal namun juga perlu bagi kita semua,” tegasnya.

Baca juga: Presiden tegaskan peran penting G20 bangun arsitektur kesehatan dunia
Baca juga: Indonesia dorong tiga program utama arsitektur kesehatan global
Baca juga: Mahalnya biaya kesehatan saat pandemi dan reaksi negara G20

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022