Jakarta (ANTARA) -- Di zaman sekarang, teknologi serba canggih hadir untuk mempermudah segala urusan anda. Termasuk juga menghasilkan uang dari berbagai cara yang bisa anda coba. Khususnya untuk anda para mahasiswa, pastinya anda ingin menghasilkan uang untuk menambah uang saku sehari-hari, agar tidak terlalu memberatkan pengeluaran orangtua. 

Namun, sebagai mahasiswa tentu belum memiliki modal besar untuk membangun sebuah usaha. Nah, di zaman yang serba online ini, anda bisa menghasilkan uang hanya dengan memanfaatkan smartphone anda. Sangat praktis namun hasilnya juga tidak kalah memuaskan. 

Perkembangan teknologi yang serba canggih di zaman sekarang ini, banyak memberikan solusi untuk permasalahan anda termasuk para mahasiswa yang ingin menghasilkan uang tanpa perlu modal besar. Bagaimana caranya? Simak ulasan rekomendasi usaha sampingan tanpa modal besar, cocok untuk para mahasiswa. 

1. Dropshipper
Salah satu usaha sampingan tanpa modal besar yang sangat cocok untuk anda para mahasiswa adalah menjadi dropshipper, yaitu sistem menjual barang dari seorang produsen atau distributor, lalu anda sebagai penjual tidak perlu stok barang jualan anda. Cara kerjanya adalah bekerjasama dengan seorang produsen atau distributor dari sebuah toko online yang anda pilih, lalu anda hanya perlu membuat strategi marketing bagaimana barang dari distributor tersebut bisa banyak terjual. Apabila ada peminat yang ingin membeli barang tersebut, anda hanya perlu berkomunikasi dengan distributor. Lalu, barang tersebut akan dikirim langsung dari distributor ke konsumen. 

2. Reseller
Menjadi seorang reseller hampir mirip cara kerjanya dengan seorang dropshipper. Bedanya adalah, anda sebagai reseller disini perlu menyetok barang dari seorang supplier atau distributor terlebih dahulu. Cara kerjanya adalah anda membeli barang dari supplier terlebih dahulu. Setelah anda memiliki banyak stok barang jualan anda, anda bisa menjualnya ke konsumen secara langsung. Anda juga bisa membuka toko online anda sendiri di berbagai e-commerce. 

3. Freelancer
Menjadi seorang freelancer adalah salah satu pekerjaan sampingan yang bisa para mahasiswa lakukan untuk menghasilkan uang untuk menambah jajan sehari-hari. Khususnya jika anda memiliki keahlian di bidang tertentu, semisal desain grafis, fotografi, mengedit video, dan juga memiliki hobi menulis konten atau blogging, anda bisa mencari pekerjaan lepas dari bidang yang anda tekuni tersebut. Selain memiliki waktu yang fleksibel, pekerjaan ini juga tidak akan mengganggu kegiatan kuliah anda dan tentunya anda bisa menghasilkan uang dari pekerjaan tersebut. 

4. Youtuber
Mengandalkan pembuatan konten dan kreativitas, pekerjaan sampingan yang satu ini bisa anda coba untuk menghasilkan uang tambahan. Menjadi seorang Youtuber belakangan ini sedang banyak diminati oleh semua kalangan terutama para millenials. Jika anda tertarik menjadi Youtuber, banyak sekali ide konten yang bisa anda berikan, seperti konten travel, kuliner, seputar tips belajar, tutorial makeup dan sebagainya. Selain membantu para penonton dengan tontonan anda, anda juga bisa mendapatkan bayaran yang tidak sedikit dari video yang anda bagikan. 

5. Blogger
Bagi anda para mahasiswa yang hobi menulis, anda bisa mencoba pekerjaan sampingan yang satu ini. Tidak jauh berbeda dari menjadi seorang youtuber, yaitu mengandalkan pembuatan konten lewat berbagai ide konten menarik dan bermanfaat yang bisa anda bagikan. Bedanya adalah, blogger membagikan konten tersebut lewat tulisan, sedangkan youtuber membagikan konten tersebut lewat video. Tidak jarang, berbagai platform yang membayar tulisan yang telah anda bagikan. 

Itu dia beberapa pekerjaan atau usaha sampingan yang sangat cocok untuk para mahasiswa karena tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar. 

Teknologi yang sudah banyak berkembang sekarang ini sangatlah membantu untuk segala permasalahan termasuk untuk menghasilkan uang. Kini, anda bisa memiliki usaha sampingan semisal menjadi dropshipper atau reseller dengan platform Evermos. Sebelum memulai menjadi dropshipper atau reseller, anda bisa cari supplier di Evermos terlebih dahulu. 

Di platform Evermos sendiri, ada berbagai jenis barang yang bisa anda jual, seperti skincare dan kosmetik, peralatan rumah tangga, peralatan kesehatan, dan masih banyak yang lainnya. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk menghasilkan uang untuk menambah uang jajan anda? Anda bisa mencoba memiliki usaha sampingan via Evermos.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022