Waspadai hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah NTB
Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat selama tiga hari ke depan atau menjelang Perayaan Bau Nyale pada 21 Februari 2022 di Pantai Seger, Lombok Tengah. 

"Waspadai hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah NTB," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok, I Gusti Agung Angga dalam keterangan tertulisnya di Praya, Lombok Tengah, Jumat.

BMKG juga mengimbau warga untuk mewaspadai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima, dan Dompu.

Baca juga: BMKG: Tes Pramusim MotoGP Mandalika dipredIksi hujan ringan sedang

Baca juga: Acara puncak Bau Nyale akan dilaksanakan 20-21 Februari 2022 di Lombok


"Waspadai potensi hujan terjadi pada siang hingga malam hari," katanya.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dampak hujan lebat disertai angin kencang yang dapat mengakibatkan banjir dan tanah longsor di wilayah NTB.

"Tetap waspada saat terjadi hujan," katanya.

BMKG Stasiun Meteorologi Zaenudin Abdul Majid Lombok mengimbau warga untuk mewaspadai gelombang laut yang mencapai 2 meter atau lebih akan melanda wilayah selat Lombok bagian utara dan perairan Sumbawa, Samudera Indonesia selatan NTB dan Selat Sape bagian selatan.

Baca juga: Waspadai tinggi gelombang di Selat Lombok hingga dua meter lebih

"Kami mengimbau masyarakat maupun nelayan yang ada di pesisir pantai waspada tinggi gelombang," katanya.

Dengan adanya gelombang tinggi itu diharapkan kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada.

Baca juga: Pebalap MotoGP akan bisa cicipi pepes nyale jelmaan Putri Mandalika

Baca juga: BMKG prakirakan hujan ringan hingga lebat guyur sebagian Indonesia


 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022