Tokyo (ANTARA) - Saham-saham Jepang berada di ujung tanduk kebuntuan Ukraina pada Jumat, memangkas kerugian awal yang besar setelah diberitakan bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan bertemu Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov minggu depan.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) mengakhiri sesi pagi dengan 0,51 persen lebih rendah pada 27.094,16 poin, setelah di awal perdagangan tenggelam sebanyak 1,62 persen.

Indeks Topix yang lebih luas memasuki istirahat tengah hari turun 0,43 persen pada 1.922,99 poin, memangkas penurunan awal sebesar 1,33 persen. Saham-saham pertumbuhan mengalami penurunan yang lebih dalam, dengan indeks saham melemah 0,62 persen versus penurunan 0,25 persen untuk saham yang dipersepsikan murah (value stocks).

"Kami berada pada tingkat di mana investor ingin membeli saat penurunan, tetapi pada saat yang sama, risiko geopolitik yang meningkat berarti sama mudahnya untuk melihat langkah lain yang lebih rendah tergantung pada aliran berita," kata seorang pelaku pasar di sebuah perusahaan sekuritas domestik.

Pembuat chip merosot, dengan Tokyo Electron jatuh 2,94 persen cukup untuk menjadikannya hambatan terbesar Nikkei berdasarkan poin indeks. Peers Advantest dan Renesas masing-masing turun 2,36 persen dan 1,04 persen.

Baca juga: IHSG akhir pekan berpotensi melemah, dibayangi ketegangan pasar global

Pabrik pembuat robot Fanuc mencatat penurunan persentase terbesar, anjlok 4,87 persen, diikuti oleh perusahaan teknologi Trend Micro yang mundur 4,33 persen setelah hasil keuangannya mengecewakan investor.

Energi adalah sektor dengan kinerja terburuk di Nikkei, jatuh 1,94 persen di tengah penurunan harga minyak. Sektor keuangan melemah 0,99 persen di tengah penurunan minggu ini dalam imbal hasil jangka panjang global karena tertekan kekhawatiran Ukraina.

Sektor-sektor defensif termasuk utilitas dan perawatan kesehatan berkinerja lebih baik, masing-masing naik 0,58 persen dan 0,23 persen.

Penguat terbesar berdasarkan poin indeks adalah operator jaringan toko pakaian Uniqlo, Fast Retailing yang bertambah 1,15 persen, membantu mengangkat siklus konsumen sebesar 0,64 persen menjadi subsektor berkinerja terbaik Nikkei.

Untuk minggu ini Nikkei berada di jalur untuk penurunan 2,17 persen - melanjutkan penurunan setelah jeda dua minggu - karena tekanan krisis Ukraina, bahkan ketika risiko pengetatan moneter yang dipercepat di AS menurun.

Indeks Topix berada di jalur untuk mundur 2,02 persen, juga penurunan pertama dalam tiga minggu.

Baca juga: Saham Asia mundur, dipicu laporan penembakan di Ukraina

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022