Jakarta (ANTARA News) - Tunggal putra unggulan 13 Simon Santoso berhasil mengatasi kesulitan pada game pertama untuk meraih kemenangan atas pebulu tangkis Ukraina Dmytro Zavadsky 21-19, 21-8 pada putaran kedua Kejuaraan Dunia di Wembley Arena, London, Rabu.

Simon tertinggal 11-16 pada game pembuka sebelum mengumpulkan lima poin beruntun untuk menyamakan kedudukan 16-16 dengan pemain Ukraina peringkat 52 dunia tersebut.

Setelah tiga kali kedudukan imbang hingga 19-19, Dmytro merebut dua poin terakhir untuk memenangi game pembuka.

"Saya belum pernah melawan dia sebelumnya sehingga saya sedikit kaget. Masih harus membaca permainan lawan," ujar Simon mengenai permainannya pada game pertama.

Setelah keberhasilannya merebut game pertama, Simon mengaku dapat bermain lebih tenang dan mampu membaca permainan lawan sehingga bisa memenangi game kedua dengan mudah.

Selanjutnya, pemain peringkat 16 dunia itu akan melawan unggulan ketiga asal Denmark Peter Gade yang menyisihkan Stanislav Pukhov dari Rusia 21-5, 21-9, untuk memperebutkan satu tempat di perempat final.

"Saya tetap akan berjuang habis-habisan," katanya mengenai pertemuannya yang ke-12 dengan bintang Denmark tersebut. Dari 11 laga sebelumnya, Simon hanya memenangi tiga di antaranya, sedangkan sisanya diraih Peter.


Menang Mudah

Sementara itu, unggulan kedua ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir meraih kemenangan mudah pada laga pertama mereka di turnamen tersebut setelah mendapat bye pada putaran pertama.

Pasangan tersebut hanya membutuhkan waktu 23 menit untuk menyisihkan pasangan Irlandia Sam dan Cloe Magee dengan kemenangan 21-9, 21-8.

Pasangan peringkat tiga dunia yang baru-baru ini meraih tiga gelar beruntun di India Super Series, Malaysia GP Gold dan Singapura itu, selanjutnya akan melawan unggulan 11 asal Taiwan Lee Sheng Mu/Chien Yu Chin.

Selain itu, ganda putra unggulan ketujuh Muhammad Ahsan/Bona Septano juga maju ke babak berikutnya setelah mengalahkan pasangan Prancis Baptiste Careme/SylvainGrosjean 21-15, 21-17. Begitu pula pasangan Vita Marissa/Nadya Melati yang menyisihkan ganda putri Jerman Johanna Goliszewski/carla Nelte 21-18, 21-18.

Lawan Ahsan/Bona berikutnya adalah unggulan 11 asal China Chai Biao/Guo Zhendong dan pasangan Belanda Selena Piek/Iris Tabeling akan menjadi lawan Vita/Nadya pada putaran ketiga.  (F005/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011