Ottawa (ANTARA News) - Menteri Keuangan Kanada Jim Flaherty  pada Rabu berjanji memasukkan rencana untuk menyeimbangkan anggarannya pada 2014, menyatakan bahwa perekonomian Kanada hampir tidak pernah tersentuh oleh  kesulitan fiskal AS dan Uni Eropa.

"Meskipun ada ketidakpastian baru yang dihasilkan oleh kekhawatiran tentang situasi ekonomidan fiskal AS serta masalah utang yang terus berlanjut di Eropa, perekonomian Kanada berkinerja relatif baik dalam hubungan dengan kebanyakan negara lain," kata Flaherty kepada wartawan, lapor AFP.

Dengan demikian, "kita akan tetap di jalur, kami akan terus dengan rencana" untuk menyeimbangkan anggaran federal hingga tahun fiskal 2014-2015, ia menambahkan, mengabaikan desakan untuk menunda
pemotongan pengeluaran.

Flaherty mencatat bahwa lembaga pemeringkat Moody's memperbarui peringkat AAA Kanada dua minggu lalu, karena Standard & Poor's menurunkan peringkat kredit pemerintah AS dari AAA menjadi AA+ dengan outlook negatif setelah perselisihan politik berbulan-bulan di Washington tentang defisit anggaran negara yang menggelembung.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa peringkat utang Amerika Serikat dipotong.

Sebaliknya, situasi fiskal Kanada, Flaherty mengatakan, adalah "sangat kuat", dan perekonomian telah tumbuh, meskipun moderat, selama tujuh kuartal berturut-turut.

"Kami tidak harus meremehkan risiko, tetapi Kanada dapat yakin bahwa negara kami dalam posisi yang baik untuk menghadapi tantangan ekonomi global," menteri menyimpulkan. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011