Jakarta (ANTARA) - PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia telah membayarkan klaim nasabah terkait COVID-19 dengan jumlah hampir mencapai 8.000 klaim dengan total nilai klaim Rp253 miliar.

CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman mengatakan, tahun 2021 lalu hingga kini masih menjadi tahun yang penuh tantangan dalam melawan pandemi COVID-19. Ia juga turun prihatin jumlah pasien terus semakin tinggi.

"Kami berharap pandemi ini akan semakin memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya proteksi jiwa dan kesehatan, dan disaat yang sama ini juga memacu semangat kami untuk terus melindungi banyak orang," ujar Edy dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Sepanjang 2021, Generali telah membantu lebih dari lebih dari 202 ribu nasabah melalui pembayaran klaim sebesar lebih dari Rp1 triliun. Nilai klaim tersebut termasuk manfaat jiwa, kesehatan, penyakit kritis serta klaim terkait COVID-19.

Sesuai data tren klaim Generali, jumlah kasus klaim total meningkat sebanyak 21 persen dan nominal klaim meningkat 64 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Edy menyampaikan, pandemi COVID-19 yang masih terjadi sepanjang tahun lalu telah mendorong kenaikan jumlah kasus klaim COVID-19 sebesar lima kali lipat, dengan nominal klaim yang meningkat sebesar 20 kali lipat dari tahun sebelumnya. Hal itu membuktikan bahwa risiko masih tinggi dan masyarakat sangat membutuhkan proteksi.

"Pertumbuhan signifikan ini membuktikan akumulasi yang begitu melonjak tajam hanya dalam jangka waktu satu tahun, sehingga diharapkan masyarakat juga bisa terus menjaga kesehatan, lebih berhati-hati dan menjalankan protokol kesehatan," kata Edy.

Dalam hal klaim, Generali terus mengedukasi nasabah untuk bisa mencantumkan informasi yang sesuai dengan fakta, sehingga manfaat bisa dinikmati dan proses klaim bisa dilakukan tanpa halangan. Kondisi yang mengharuskan jaga jarak, Generali menghadirkan fitur yang memudahkan bagi nasabah, yaitu asisten virtual JANE yang bisa membantu nasabah jika membutuhkan informasi terkait polis, serta pengajuan klaim secara online, dimana saja hanya melalui ponsel.

Selain itu, nasabah juga bisa dengan mudah melakukan transaksi polis seperti cek informasi polis, cek kinerja investasi unit link, dan berbagai hal lainnya hanya melalui aplikasi Gen iClick.

Baca juga: Indonesia Re Inhouse Training 2022: Begini proses underwriting asuransi untuk penyintas Covid-19

Baca juga: Qoala hadirkan proteksi asuransi COVID-19

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022