Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Hanung Harimba Rachman mengharapkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022 tak hanya menyasar seluruh komponen bangsa yang berada di wilayah Indonesia.

Namun juga menyasar seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) dan diaspora yang berada di luar negeri untuk tetap bangga memakai produk buatan Indonesia.

"Gernas BBI juga diharapkan dapat menjadi momen untuk mendorong ekspor produk UMKM ke berbagai negara dengan melibatkan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan," ungkap Hanung sebagaimana dalam keterangan resmi yang ditulis di Jakarta, Minggu.

Pada tahun ini Gernas BBI akan dilakukan pada Maret yang diresmikan di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kota Batam, dengan masa kampanye dari Februari hingga April.

Dalam hal ini Kemenkop UKM manager penggerak dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau sebagai key opinion leader (brand ambassador).

Gelaran tersebut akan berlangsung dengan dukungan setiap para pemangku kepentingan seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri, Bank Himbara, perbankan, lokapasar, serta merek terkenal.

Baca juga: Gernas Bangga Buatan Indonesia 2022 butuh "endorse" para tokoh

Hanung mengharapkan terdapat indikator keberhasilan Gernas BBI, misalnya jumlah on-boarding UMKM melalui digitalisasi di platform perniagaan secara elektronik, nilai transaksi selama masa kampanye program tersebut, pendampingan kewirausahaan, lalu optimalisasi DIGIKU (Himbara).

Kemudian jumlah on-boarding bela pengadaan dan e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), kampanye bulanan, penggunaan QRIS (QR Standar Indonesia), dan peningkatan literasi keuangan seperti Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan.

Selain itu,diharapkan pula Batam sebagai Kawasan Perdagangan Bebas yang strategis dan menjadi percontohan kegiatan perdagangan dan ajang strategis lain yang diselenggarakan di Singapura.

"Kegiatan mirroring ini diharapkan difollow-up seluruh stakeholder terkait," kata dia.

Lebih lanjut Gernas BBI di Kepri menginginkan agar Gernas BBI menjadi sebuah gerakan nasional yang berkelanjutan dalam upaya mendorong pertumbuhan UMKM naik kelas, serta menyebar ke pasar dalam negeri maupun internasional.

Baca juga: BI Kepri dukung Gernas BBI melalui Gebyar Melayu Pesisir

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022