Kamu harus tahu kelemahanmu. Kenali dirimu
Jakarta (ANTARA) - Kim Jun-myeon atau dikenal sebagai Suho, pemimpin grup idola K-pop EXO, akhirnya berkesempatan bertemu dengan para penggemarnya yang berjuluk EXO-L tak lama setelah resmi dibebastugaskan dari wajib militer beberapa hari lalu.

Ada beragam topik yang dia bicarakan dalam pertemuan perdananya itu dengan EXO-L selama kurang lebih sejam lamanya melalui siaran langsung akun di YouTube EXO, Sabtu malam.

Salah satunya mengenai motto hidupnya yang tidak berubah sejak 30 tahun lalu. Pria asal Seoul itu, memiliki motto hidup "Kamu bisa melakukannya. Kenali dirimu" (terjemahan literal). Menurut dia, jika seseorang mengenal dirinya dan tempat dia berpijak, maka dia akan berkembang dan membaik.

"Kamu harus tahu kelemahanmu. Kenali dirimu. Itu mottoku dan sekarang menjadi pengalamanku," kata Suho yang debut di dunia musik K-pop bersama EXO pada tahun 2012 itu.

Baca juga: Suho EXO telah akhiri tugas militer alternatifnya

Suho lalu ditanya penggemar mengenai momen yang paling dia ingat sepanjang perjalanan karirnya. Suho menjawab saat dia menggelar konser dua tahun silam. Saat itu dia masih bertemu secara langsung dengan para EXO-L. Tetapi, setahun kemudian situasi memburuk karena pandemi COVID-19).

"Aku sempat menonton video-video lama, pesan-pesan anggota. Aku ingin kembali tampil di konser. Saat semuanya membaik, kita akan menggelar konser. Mohon menunggu sebentar lagi," kata dia.

Suho masih ingat pernah tampil di salah satu acara musik pada Desember 2018. Saat itu EXO membawakan lagu "Tempo" dan "Love Shot" di atas panggung yang dirancang seperti pertunjukan musikal. Kala itu para personel grup tampak bersemangat. Dia lalu teringat ikatan di antara para personel yang luar biasa.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022